Pertumbuhan Manufaktur dan Jasa Maret Zona Eropa Terkuat 6 Tahun

550

Indeks manufaktur PMI Markit zona Eropa untuk bulan April menguat ke 56,8 dari pembacaan bulan Maret sebesar 56,2. Hal ini di atas ekspektasi angka 56,0 dan pembacaan terkuat selama enam tahun.

Sedangkan indeks sektor jasa juga menguat ke level tertinggi enam tahun di 56,2, meskipun hanya terbatas pada pembacaan Maret 56,0 dan sedikit di atas ekspektasi konsensus.

Hasil ersebut membuat Indeks produksi gabungan menguat ke 56,7 dari 56,4 sebelumnya, juga pembacaan terkuat selama enam tahun.

euro-area-composite-pmi

Ada pertumbuhan kuat di sektor manufaktur pada laju yang paling kuat sejak Maret 2011 dengan pesanan ekspor juga bukukan hasil terkuat selama enam tahun, meskipun terjadi moderasi dalam pertumbuhan pesanan sektor jasa.

Ada pertumbuhan kuat lebih lanjut dalam pekerjaan dengan pekerjaan manufaktur meningkat pada tingkat terkuat selama 17 tahun.

Ada tekanan lebih lanjut terhadap harga input dengan kenaikan baru yang sesuai dengan tingkat bulan Februari. Kenaikan harga produksi juga bertahan hampir 6 tahun.

Rantai pasokan terus diperketat dengan peningkatan lebih lanjut dalam waktu pengiriman pemasok sementara ada tekanan ke atas pada upah yang akan cenderung mempertahankan tekanan ke atas pada harga.

Menurut Markit, kenaikan tersebut telah semakin luas berdasarkan laju pertumbuhan di luar Jerman dan Prancis yang terkuat selama 10 tahun. Data tersebut akan setara dengan pertumbuhan PDB sekitar 0,7% untuk kuartal kedua.

Data PMI Prancis terutama berada di atas ekspektasi, meskipun data Jerman dicampur dengan pembacaan yang kuat di sektor manufaktur diimbangi oleh mundurnya indeks sektor jasa.

Data secara keseluruhan akan menjaga kepercayaan seputar prospek pertumbuhan zona Eropa bahkan dengan angka yang lebih lemah untuk layanan Jerman. Memang, kekuatan data di luar Jerman akan penting dalam meningkatkan kepercayaan yang lebih luas terhadap keseluruhan prospek zona euro.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY