Steven Mnuchin : Reformasi Pajak AS Segera Dilaksanakan

739

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada Kamis (20/04) menyatakan pemerintahan Trump sebentar lagi mengajukan reformasi besar pajak.

Mnuchin, yang minggu ini mundur dari tujuan awalnya untuk meloloskan reformasi pajak pada bulan Agustus, mengatakan bahwa Gedung Putih akan mengungkap rencana segera untuk reformasi pajak. Namun, pemerintah Trump sebelumnya melewatkan beberapa tenggat waktu untuk merilis rencana pajaknya.

Dari segi waktu, Mnuchin mengatakan bahwa dia berharap pelaksanaan reformasi pajak tidak akan sampai akhir tahun ini.

Mnuchin berbicara di Institute of International Finance Washington Policy Summit, di mana kepala penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn akan hadir selanjutnya.

Dalam sebuah wawancara Financial Times yang diterbitkan pada hari Senin, Mnuchin mengatakan bahwa menagih reformasi pajak ke meja Presiden Donald Trump sebelum bulan Agustus sangat agresif dan tidak realistis untuk saat ini. Sebelumnya pada bulan Februari Mnuchin mengatakan bahwa dia ingin melihat reformasi pajak yang sangat signifikan disahkan oleh Kongres Agustus.

Komunitas bisnis telah berharap bahwa orang-orang Republik dapat bergerak cepat dalam merombak sistem pajak Amerika, sebuah prospek yang sebagian mendorong kenaikan pasar saham pada bulan-bulan setelah pemilihan Trump. Namun, realitas politik telah menghambat harapan untuk perubahan pada sistem pajak.

Partai Republik berusaha untuk meloloskan undang-undang untuk menggantikan Undang-Undang Perawatan Kesehatan sebelum beralih ke undang-undang perpajakan. Usaha itu gagal akhir bulan lalu, dan Mnuchin mengatakan bahwa kemunduran tersebut memberikan kontribusi pada penilaiannya bahwa melewati pemeriksaan pajak pada bulan Agustus bisa menjadi sulit.

Trump memberi tekanan kembali pada hari Selasa setelah Mnuchin dan Cohn tampaknya menjalankan kembali harapan untuk seberapa cepat reformasi pajak akan terjadi. Dia menyebutkan nama Mnuchin saat berbicara di kantor pusat Snap-on di Wisconsin.

Partai Republik telah memfokuskan kembali pada upaya kebangkitan untuk mencabut ACA, yang lebih dikenal sebagai Obamacare, karena mereka mulai kembali dari reses minggu depan. Pemimpin House GOP berusaha menyeimbangkan kekhawatiran sayap konservatif dan sayap partai tersebut saat mereka mencoba menindaklanjuti janji kampanye besar.

Mnuchin mengatakan pada hari Kamis bahwa baik perawatan kesehatan telah selesai atau perawatan kesehatan tidak dilakukan, akan tetap melakukan reformasi pajak.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY