Kredit Bermasalah

804

Salah satu isyu atau permasalahan yang dominan dihadapi industri keuangan dan perbankan dewasa ini adalah masih tingginya rasio kredit bermasalah. Walaupun pencadangan permodalan industri perbankan dinilai banyak pihak sebagai masih cukup, namun jelasnya peningkatan rasio kredit bermasalah telah menggerus tingkat keuntungan perbankan secara cukup signifikan.

kredit bermasalahApa yang menjadi penyebab terjadinya kredit bermasalah? Hal itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal.

Faktor internal penyebab timbulnya kredit bermasalah, di antaranya: penyimpangan pelaksanaan prosedur kredit, itikad kurang baik dari pemilik, pengurus, atau pegawai bank, lemahnya sistem administrasi dan pengawasan kredit, kurang tajamnya analisis kredit, manajemen bank yang terlau ekspansif, serta lemahnya sistem informasi kredit bermasalah.

Sedangkan faktor eksternal penyebab timbulnya kredit macet terutama adalah kegagalan usaha debitur. Hal-hal lain, misalnya: faktor musibah terhadap debitur atau terhadap kegiatan usaha debitur, menurunnya pertumbuhan ekonomi, kerasnya persaingan usaha, serta ketatnya likuiditas dan tingginya suku bunga kredit, dll.

Situasi pelambatan ekonomi Indonesia belakangan ini nyatanya telah menekan sejumlah bisnis nasabah dan menimbulkan masalah dalam arus kas pembayaran kredit bank. Dalam kondisi ini, bagi perbankan, kemampuan untuk workout portfolio kredit bermasalah merupakan skill dan knowledge yang perlu dibangun, dipelajari dan dikembangkan, khususnya dalam menangani kredit bermasalah.

Untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi manajemen dan team kredit bermasalah di bank, salah satunya, diperlukan modul pelatihan “Manajemen Penanganan Kredit Bermasalah” secara komprehensif yang dilandasi dengan pengetahuan analisis kredit yang kuat termasuk kompetensi collection-nya. Program diharapkan akan memberikan pengembalian yang optimum bagi bank dari portfolio bermasalahnya. Untuk meningkatkan kemampuan, sebaiknya juga program disertai dengan negotiation skill praktis sebagai skill yang patut dipelajari dan dimiliki oleh team pelaksana kredit bermasalah dan pejabat kredit terkait.

Dengan  mengikuti program pelatihan komprehensif ini diharapkan para peserta akan dapat:

  • Mengerti gambaran besar kredit bermasalah di perbankan.
  • Memahami scope dan tahapan dalam Penyelamatan Kredit dan Penyelesaian Kredit.
  • Menguasai langkah-langkah dalam penyelesaian secara non-litigasi maupun litigasi.
  • Memahami langkah dalam eksekusi agunan, penyelesaian melalui PKPU, lelang dan berbagai aspek terkaitnya.
  • Mengerti berbagai cara pendekatan negosiasi yang efektif kepada debitur bermasalah.
  • Menguasai taktik dan strategi dalam meningkatkan pengembalian collection.
  • Memperoleh pencerahan terhadap studi kasus real yang dihadapi peserta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan Manajemen Penanganan Kredit Bermasalah dapat menghubungi sdri. Risty 0821.1060.8428, email: risty@vibizconsulting.com atau dapat mengunjungi website kami di www.vibizlearning.com.

LEAVE A REPLY