Harga Rumah Baru Maret AS Naik Tertinggi 8 Bulan

306

Penjualan rumah yang baru dibangun melonjak tertinggi 8 bulan di bulan Maret karena pemulihan perumahan meningkat.

Penjualan rumah baru berjalan pada tingkat tahunan disesuaikan musiman mencapai 621.000, Departemen Perdagangan mengatakan Selasa (25/04). Itu adalah 5,8% lebih tinggi dari kecepatan penjualan Februari yang turun, dan 15,6% lebih tinggi dari tahun lalu.

united-states-new-home-sales

Pembacaan bulan Maret adalah yang terkuat kedua sejak awal tahun 2008, tepat di belakang penjualan 622.000 unit pada bulan Juli yang lalu. Angka ini mengalahkan perkiraan median tingkat 580.000 dari para ekonom yang disurvei oleh MarketWatch.

Data rumah baru pemerintah sering direvisi, dan ada 43.000 rumah tambahan yang dilaporkan terjual pada bulan-bulan sebelumnya di bulan Maret.

Pada bulan Maret, harga jual rata-rata adalah $ 315.000, naik 7,5% dari bulan lalu, namun hanya 1,2% lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Dengan laju penjualan yang lebih kuat, dibutuhkan waktu 5,2 bulan untuk persediaan yang tersedia, sedikit lebih ramping dari pada 5,4 bulan di bulan Februari.

Permintaan untuk perumahan telah menguat sejak resesi, dan banyak analis percaya bahwa laju pembangunan rumah yang lebih lambat harus dipercepat. Tapi pembangun rumah menghadapi banyak goncangan, termasuk tenaga kerja yang lebih langka dan jumlah yang lebih mahal.

Baru-baru ini, tantangan lain telah muncul. Pemerintahan Trump mengatakan Senin bahwa pihaknya akan secara surut menurunkan tarif kayu lunak yang diekspor oleh Kanada yang digunakan untuk membangun rumah keluarga tunggal. Harga kayu telah melonjak sampai tertinggi baru.

National Association of Home Builders memperkirakan bahwa kenaikan bea tersebut akan menyebabkan harga rumah rata-rata meningkat $ 1.236. Ini juga bisa memiliki dampak ekonomi yang lebih luas: kelompok industri percaya bahwa lebih dari 8.000 pekerjaan dapat hilang dan pembangunan keluarga tunggal dapat dikurangi lebih dari $ 945 juta.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here