Bursa Eropa Mingguan Melonjak Tinggi; Euforia Kemenangan Macron Jadi Sentimen Penguat

319

Pasar Eropa ditutup menguat pada akhir pekan hari Jumat (05/05) setelah laporan pekerjaan di AS mengalahkan ekspektasi analis.

Indeks FTSE berakhir pada 7297.43, naik 49.33 poin atau 0,68%

Indeks DAX berakhir pada 12716.89, naik 69.11 poin atau 0.55%

Indeks CAC5 berakhir pada 432.40, naik 59.98 poin atau 1.12%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 11135.40, naik 122.50 poin atau 1.11%

Indek Pan-European Stoxx 600 ditutup 0,65 persen lebih tinggi pada hari Jumat, dengan sebagian besar sektor merayap lebih tinggi. Indeks ini adalah 1,72 persen lebih tinggi pada minggu ini. DAX Jerman melonjak 2,15 persen pada pekan ini dan CAC Perancis juga naik 2,93 persen. CAC 40 di Paris ditutup pada level sembilan dan setengah tahun yang baru dan indeks DAX di Frankfurt ditutup pada rekor tertinggi.

Saham Sumber daya dasar adalah pemain terbaik setelah harga tembaga pulih dari level terendah lima bulan.

Di sisi lain, asuransi jatuh ke wilayah negatif pada hari Jumat karena masa depan pusat keuangan London menghadapi ketidakpastian. CEO Goldman Sachs pada hari Jumat pagi mengatakan kepada BBC bahwa risiko Brexit kemungkinan akan melukai pusat keuangan Inggris dan dapat mendorong relokasi pekerjaan di bank investasi terbesar kedua di dunia.

Namun, bank pulih setelah makan siang menyusul berita bahwa ekonomi A.S. menambahkan 211.000 pekerjaan pada bulan April, yang mendukung argumen yang mendukung kebijakan moneter yang ketat oleh Federal Reserve. Laporan pekerjaan A.S. memimpin Wall Street lebih tinggi, dengan komposit Nasdaq naik 0,25 persen untuk diperdagangkan dalam tertinggi intraday sepanjang masa.

Minyak dan gas juga pulih pada hari Jumat sore karena harga minyak mulai melunakkan kerugian sebelumnya.

Di tempat lain, telekomunikasi sedikit pulih, meski terhambat oleh kerugian bagi Telefonica dan Inmarsat. Pasangan ini terlihat di bagian bawah benchmark, masing-masing turun 6,9 persen dan 7,7 persen. Yang terakhir ini membuat kerugian setelah pemegang saham memilih untuk menolak kebijakan pembayaran perusahaan, yang mendorong tinjauan remunerasi pada hari Kamis.

Ritel, perjalanan dan liburan juga diperdagangkan lebih tinggi pada hari Jumat. Marks and Spencer berada di puncak tolok ukur, naik 4,9 persen, setelah mengumumkan mantan bos Asda Archie Norman sebagai chairman barunya dan mantan CEOHalfords Jill McDonald sebagai kepala lengan pakaiannya.

Melihat saham individual, saham di kelompok pendidikan Pearson melonjak 12 persen pada rencana restrukturisasi baru, termasuk penjualan potensial lengan A.S. Perusahaan tersebut mencapai puncak benchmark Eropa.

Euro diperdagangkan mendekati level tertinggi enam bulan di hari Jumat karena perkembangan terakhir dalam politik Prancis membuat Macron berada dekat dengan kunci istana Elysee pada hari terakhir berkampanye. Jaksa di Paris membuka penyelidikan terhadap peretasan pemilihan Kamis setelah Macron mengajukan keluhan tentang rumor online yang mengklaim bahwa dia memiliki rekening bank rahasia Karibia.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak kuat setelah kemeangan Macron mengalahkan saingannya yang anti Uni Eropa Marine Le Pen dalam pemilihan Presiden Perancis.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here