Inflasi Bulan April AS Rebound, Secara Tahunan Melambat

228

Indeks Harga Konsumen atau inflasi AS meningkat 0,2% pada bulan April secara musiman, demikian Biro Statistik Tenaga Kerja A.S. melaporkan hari Jumat (12/05). Selama 12 bulan terakhir, inflasi naik 2,2%.

Inflasi tahunan adalah perlambatan dari kenaikan bulan Maret sebesar 2,4%, namun masih melampaui kenaikan tahunan rata-rata 1,7% selama sepuluh tahun terakhir.

united-states-inflation-rate-mom

Angka bulan April adalah hasil yang sangat beragam. Harga bensin naik 1,2% di bulan ini dan naik 14,3% dalam setahun. Juga kenaikan harga makanan (naik 0,2%) dan tempat berlindung (0,3%). Namun, harga turun dalam beberapa kategori utama, termasuk pakaian jadi (turun 0,3%), komoditas perawatan medis (0,8%) dan kendaraan bekas (0,5%).

united-states-inflation-cpi

Indeks untuk layanan telepon nirkabel terus menurun, turun 1,7% di bulan April setelah penurunan 7,0% di bulan Maret.

Inflasi inti, yang mengeluarkan makanan dan energi, naik 0,1% untuk bulan ini dan 1,9% selama 12 bulan terakhir. Ini adalah kenaikan 12 bulan pertama di bawah 2,0 persen sejak periode yang berakhir pada bulan Oktober 2015. Inflasi inti telah berjalan antara 2,1% dan 2,3% lebih dari satu tahun.

Dolar melemah terhadap sekeranjang mata uang merespon berita ini.

Dana Fed berjangka menunjukkan pedagang melihat kemungkinan kenaikan suku bunga 78,5% pada pertemuan kebijakan Fed pada 13-14 Juni.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here