Indeks Hang Seng 6 Juni Bergerak Naik Mengabaikan Kerugian Wall Street

51

Pasar saham Hong Kong pada perdagangan hari Selasa (06/06) bergerak naik. Indeks Hang Seng berhasil naik 72,77 poin, atau 0,28 persen, pada level 25.935,76, di tengah melemahnya pasar Asia, karena kerugian di bursa Wall Street semalam.

Penurunan di pasar A.S. bisa menguntungkan pasar Hong Kong dan Tiongkok karena investor yang ragu bisa mengalihkan investasinya ke Asia.

Kinerja saham yang cukup besar adalah China Evergrande, pengembang properti tersebesar kedua namun yang paling berhutang, pada perdagangan hari ini menguat 6,7 persen.

Saham Sino-Lige Group juga melonjak 25,6 persen, saham Tencent naik 0,6 persen, saham Pin An menambahkan 0,1 persen, dan saham New World Development baik 4,4 persen.

Kinerja saham yang buruh diantaranya adalah saham Commercial Bank of China yang turun -0,2 persen, saham China Merchants Bank turun -0,5 persen.

Pada sektor minyak secara keseluruhan mengalami penurunan rata-rata 1,6 persen. Penurunan terjadi karena pasar ekuitas dunia tergelincir pada dampak potensial harga minyak setelah negera-negara Arab, termasuk eksportir minyak mentah terbesar di dunia, Arab Saudi mengatakan bahwa mereka akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar karena diduga mendukung terorisme.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Hang Seng akan bergerak positif mengikuti pergerakan bursa Shanghai.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY