Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa Q1 Naik Melebihi Ekspektasi

261

Pertumbuhan Ekonomi zona Eropa naik lebih dari perkiraan sebelumnya pada kuartal pertama dan pada tingkat tercepat dalam setahun, kata badan statistik UE Eurostat pada hari Kamis (08/06), menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa yang cenderung membuat kebijakan tidak berubah.

Eurostat mengatakan pertumbuhan ekonomi zona eropa beranggotakan 19 negara ini tumbuh sebesar 0,6 persen pada kuartal ke kuartal dan 1,9 persen secara tahunan. Itu dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya masing-masing 0,5 dan 1,7 persen.

euro-area-gdp-growth

Secara tahunan, ekonomi zona Eropa berkembang pada tingkat 2,3 persen pada periode Januari-Maret, jauh melampaui tingkat 1,2 persen di Amerika Serikat.

euro-area-gdp-growth-annual

Pertumbuhan ekonomi yang mantap namun inflasi yang terjaga telah membuat ECB dalam keraguan. Presiden ECB Mario Draghi belum diyakinkan bahwa rebound inflasi baru-baru ini bertahan lama karena pertumbuhan upah tetap lamban.

ECB secara luas diperkirakan akan mempertahankan kebijakan tidak berubah pada hari Kamis, termasuk program pembelian obligasi 2,3 triliun euro ($ 2,6 triliun) dan suku bunga di bawah nol, meskipun ada perlawanan dari Jerman yang kaya uang.

Namun, pertumbuhan yang kuat dapat menyebabkan ECB menghapus referensi terhadap risiko penurunan dalam pernyataannya.

Eurostat mengatakan konsumsi rumah tangga menyumbang 0,2 poin persentase dan pembentukan modal tetap bruto 0,3 poin dan konsumsi pemerintah 0,1 poin ke angka pertumbuhan kuartal pertama. Kontribusi perdagangan eksternal dan persediaan bersifat netral.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here