Yen Jepang Mendapat Untung Dari Pelemahan Harga Minyak Dunia

519

Di tengah perdagangan sesi Eropa hari Kamis (22/6) bursa saham kawasan tersebut masih berada di zona merah oleh sentimen penurunan harga minyak mentah dunia. Anjloknya bursa saham sejak sesi Asia memberikan sentimen positif bagi kurs yen Jepang yang menjadi kurs safe haven di saat perdagangan aset beresiko dihiraukan.

Selain anjloknya bursa saham global, posisi nilai imbal hasil obligasi Amerika Serikat yang menurun terus menjadi tenaga kuat untuk yen lanjutkan rally hingga akhir sesi Amerika. Apalagi posisi harga minyak mentah yang tidak kunjung rebound menekan terus yield obligasi AS tersebut.

Pergerakan pair USDJPY   sesi Eropa (15:30:21 WIB)  bergerak negatif setelah  dibuka  lebih rendah dari perdagangan sebelumnya di  posisi   111.35  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  USDJPY kini  berada di posisi 111.03 setelah sempat mencapai posisi tertinggi di 111.42.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal  pair USDJPY berpotensi bergerak bearish jika posisi fundamental dollar AS semakin melemah oleh anjloknya imbal hasil obligasi negara Amerika Serikat yang juga dibayangi oleh rilis data klaim pengangguran.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here