Bursa Eropa 28 Juni Bergerak Lemah Tergerus Kinerja Buruk Sektor Teknologi

403

Bursa Eropa melemah pada perdagangan tengah hari pada hari Rabu (28/06), tertekan pelemahan saham teknologi menyusul pelemahan di Wall Street pada sesi sebelumnya.

Indeks FTSE bergerak pada 7415.08, turun -19.28 poin atau -0.26%

Indeks DAX bergerak pada 12579.93, turun -91.09 poin atau -0.72%

Indeks CAC bergerak pada 5226.63, turun -31.95 poin atau -0.61%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10592.10, turun -55.80 poin atau -0.52%

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,61 persen dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Sektor teknologi Eropa memimpin kerugian pada hari Rabu karena kegugupan menghantam pasar. Di A.S. pada hari Selasa, komposit Nasdaq berkinerja buruk, turun 1,6 persen, karena saham Alphabet induk Google turun lebih dari 2 persen. Di Eropa, Dialog Semicon adalah penurun terbesar di sektor ini pada hari Rabu, tergelincir lebih dari 3 persen pada transaksi pertengahan pagi.

Lihat : Ini Penyebab Anjloknya Saham Google; Saham Teknologi Global Ikut Merosot

Kemerosotan tersebut juga mengikuti serangan ransomware di seluruh dunia. Hack menyebabkan gangguan besar pada bank dan perusahaan besar termasuk WPP, Moeller-Maersk, dan Metro.

Sementara itu, harga minyak yang lebih rendah membebani saham minyak dan gas pada hari Rabu karena harga minyak mentah turun ke level terendah dalam dua bulan pada hari Rabu. Tullow Oil mengurangi kerugian pada perdagangan tengah hari setelah mencapai titik terendah benchmark sesaat setelah pembukaan. Perusahaan minyak yang berfokus pada Afrika tersebut melaporkan telah mengurangi tingkat hutangnya dan menyaksikan kenaikan laba kotor selama paruh pertama tahun ini. Sahamnya pulih untuk diperdagangkan di bawah tekanan sekitar pukul 10.00 waktu London.

Distributor perlengkapan bisnis Bunzl mengatakan pada hari Rabu bahwa dorongan dalam akuisisi baru-baru ini akan membantu meningkatkan pendapatan dari enam bulan pertama tahun ini sekitar 7 persen. Sahamnya melonjak ke puncak benchmark, naik 4 persen karena berita tersebut.

Euro naik tipis pada hari Rabu pagi, naik 0,2 persen pada $ 1,1361. Mata uang tunggal telah mencapai level tertinggi 10 bulan di sesi sebelumnya setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengisyaratkan ECB dapat bersiap untuk mengukur kembali kebijakan moneternya di tengah membaiknya prospek ekonomi di Eropa. Namun, dia mengulangi bahwa setiap langkah akan bertahap dan mengatakan bahwa dukungan masih diperlukan untuk memulihkan wilayah euro.

Sore nanti akan dirilis data ekonomi Loan Growth dan Money Supply Mei Zona Eropa yang diindikasikan meningkat.

Juga akan dirilis data ekonomi Italia untuk Inflation Rate Juni dan Retail Sales Mei yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Resaerch Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika kemerosotan saham teknologi berlanjut. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga menyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here