Rupiah Kamis 13 Juli Kuat di Hari Ketiga Berturut

327

Mengakhiri perdagangan pasar valas hari Kamis (13/7) rupiah kembali  ditutup di posisi yang kuat dari perdagangan sebelumnya terhadap dollar AS. Posisi bullish rupiah hari ini masuki hari ketiga berturut setelah sebelumnya anjlok ke posisi terburuk 2 bulan pada perdagangan akhir pekan lalu. Kuatnya rupiah mendapat tenaga dari pelemahan dollar AS.

Nanmun kuatnya rupiah terhadap dollar AS tidak membuat  investor asing banyak menyetor modalnya ke bursa saham tanah air, sebaliknya bertambah banyak menarik dananya dengan posisi net sell sebesar Rp640 miliar lebih. Tekanan jual yang cukup kuat dari  investor asing ini  membuat pergerakan IHSG fluktuatif dan cenderung melemah.

Pergerakan kurs Rupiah di pasar spot sore ini bergerak positif dengan posisi terkini menguat 0,18%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13345/US$ setelah dibuka kuat pada level Rp13351/US$. Penguatan rupiah  sepanjang hari juga dipengaruhi penguatan kurs Jisdor dari BI.

Untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari, analyst Vibiz Research Center memperkirakan secara teknikal  memberikan sinyal positif untuk  kembali menguat sekalipun posisi dollar AS diproyeksikan akan menerima kekuatan hingga akhir sesi hari ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here