Kepercayaan Rakyat Terhadap Pemerintah Indonesia Tertinggi di Antara Negara OECD

1679

Indonesia meraih peringkat pertama untuk kepercayaan publik terhadap pemerintah berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dalam laporannya Organization the glance 2017, yang dirilis pada 17 Juli 2017.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia pada tahun 2016 telah mencapai 80 persen, naik 28 persen dibandingkan dengan 52 persen di tahun 2007.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju OECD lainnya, seperti AS :   30 persen, Inggris : 31 persen, Jerman : 55 persen, Prancis : 28 persen. Juga di atas negara-negara berkembang non-OECD, seperti India : 73 persen, Brasil : 26 persen, Afrika Selatan : 48 persen.

Peringkat lima besar untuk tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahnya yaitu : Indonesia, Swiss, India, Luksemburg, Norwegia.

Hasil ini merupakan indikasi bahwa pemerintah telah berkinerja baik, dan karena itu, rakyat mengapresiasi dan mempercayai pemerintah mereka.

Fakta bahwa Indonesia dan Swiss berada di posisi teratas juga merupakan hasil desentralisasi yang membawa pemerintah kedua negara lebih dekat kepada masyarakat.

Data Gallup berasal dari Gallup World Poll, yang merupakan survei untuk mengukur tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah. Survei tersebut adalah satu-satunya yang mengumpulkan data tentang kepercayaan publik terhadap pemerintah di negara-negara OECD dan negara-negara besar lainnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here