Bursa Eropa 28 Juli Bergerak Lemah Terganjal Kemerosotan Saham Teknologi

743

Bursa Saham Eropa melemah pada hari Jumat (28/07) setelah saham teknologi A.S. mundur dari level tertinggi baru-baru ini dan investor bereaksi terhadap banjir laporan pendapatan.

Indeks FTSE bergerak pada 7392.00, turun -51.01 poin atau -0.69%

Indeks DAX bergerak pada 12122.50, turun -89,54 poin atau -0,73%

Indeks CAC bergerak pada 5112.78, turun -74.17 poin atau -1.43%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10509.00, turun -94,40 poin atau -0,89%

Indeks Pan-European Stoxx 600 lebih rendah dari 1 persen pada pertengahan pagi dengan semua sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Saham teknologi berada di antara pemain terburuk hari Jumat, di bagian belakang pendapatan Amazon yang meleset di sesi sebelumnya. Hampir semua perusahaan di sektor ini diperdagangkan lebih rendah dari 1 persen di sekitar pukul 10.45 waktu London. Dialogue Semiconductor memimpin kerugian pada perdagangan pagi setelah Credit Suisse dan Deutsche Bank menurunkan harga target perusahaan. Produsen Anglo-Jerman mengurangi kerugiannya pada perdagangan di bawah tekanan pada transaksi pertengahan pagi.

Bank terbesar Swiss, UBS, membukukan laba lebih baik dari perkiraan pada kuartal kedua tahun ini pada hari Jumat. Pemberi pinjaman tersebut melaporkan 1,174 miliar franc Swiss ($ 1,21 miliar) atas laba bersih, naik 14 persen pada tahun sebelumnya. Sahamnya tergelincir lebih dari 3 persen di tengah prospek hati-hati perusahaan tersebut.

Pemberi pinjaman dari Inggris Raya Barclays melaporkan kerugian bersih sebesar £ 1,21 miliar ($ 1,58 miliar) untuk paruh pertama 2017 pada hari Jumat. Bank tersebut menghubungkan hasilnya dengan penurunan sterling, sebuah tuduhan atas kesalahan penjualan asuransi perlindungan pembayaran dan kerugian dari penjualan unit Afrika-nya. Sahamnya sedikit lebih rendah dari berita.

Di tempat lain, Adidas naik ke puncak benchmark setelah melaporkan prospek setahun penuh yang membaik dalam laporan pendapatan kuartal kedua Kamis malam. Perusahaan barang olahraga Jerman tersebut mengatakan bahwa pihaknya mengantisipasi penjualan mata uang netral untuk tumbuh antara 17 dan 19 persen pada 2017. Sebelumnya diperkirakan rentang antara 12 dan 14 persen. Saham lebih dari 8 persen lebih tinggi pada transaksi pertengahan pagi.

Dalam data ekonomi, kepercayaan ekonomi zona euro melonjak ke level tertinggi 10 tahun di bulan Juli. Indeks sentimen ekonomi Komisi Eropa mencapai 111,2 bulan ini, naik dari 111,1 di bulan Juni.

Sebelumnya di sesi tersebut, Spanyol mencatat pertumbuhan ekonomi yang kuat, melampaui Inggris dan Prancis dalam tiga bulan terakhir. Produk domestik bruto Spanyol (PDB) naik 0,9 persen pada kuartal kedua tahun ini, menurut statistik badan INE. PDB Perancis naik 0,5 persen sementara PDB Inggris naik 0,3 persen lebih tinggi pada periode yang sama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah dengan merosotnya saham teknologi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here