Bursa Asia Berakhir Lemah Sekalipun Ketegangan AS-Korea Utara Mereda

655

Pasar Saham Asia berakhir lemah pada perdagangan Kamis (10/08), meskipun eskalasi ketegangan seputar Korea Utara tampak mereda.

Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,38 persen atau 8,92 poin, berakhir pada 2359,47, memperpanjang kerugian sesi terakhir lebih dari 1 persen, namun turun di posisi terendah sebelumnya.

Indeks Nikkei 225 Jepang berakhir turun 0,05 persen, atau 8,97 poin, pada 19.729,74.

Investor di Jepang juga mencerna pengumuman penurunan berturut-turut ketiga pesanan mesin inti untuk bulan Juni. Pesanan inti turun 1,9 persen, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan 3,7 persen, menurut Reuters. Sementara pesanan mesin dianggap sebagai metrik yang mudah berubah, mereka dapat mempengaruhi sentimen pasar.

Di Australia, S & P / ASX 200 berakhir turun 0,08 persen, atau 4,76 poin, di 5760,90 di tengah penurunan moderat di sub indeks energi dan keuangan.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,13 persen atau 313,09 poin, berakhir pada 27,444.00 sementara pasar Tiongkok menyerah pada kenaikan awal. Indeks Shanghai turun 0,42 persen atau 13,77 poin menjadi 3261,80, dan Indeks Shenzhen turun 0,69 persen atau 12,96 poin, berakhir pada 1872.60.

Permintaan aset safe haven mereda setelah semalam menanggapi peringatan Presiden Donald Trump tentang “api dan kemarahan” Donald Trump jika Korea Utara terus melakukan ancaman terhadap A.S. Negara terisolasi tersebut menanggapi retorika Trump dengan mengatakan bahwa hal itu dapat menyerang Guam.

Seorang ahli mengatakan kepada CNBC bahwa ada kemungkinan berisiko salah perhitungan atas Semenanjung Korea, namun pengamat pasar memperkirakan bahwa ketegangan tampaknya sedikit mendingin.

Sementara mata uang safe haven tetap diminati, keuntungan yang dibuat semalam sedikit melunak. Swiss franc menyerah beberapa titik setelah melonjak pada sesi Rabu, dengan greenback mengambil 0,9660 franc Swiss pada pukul 4:23 sore. HK / SIN setelah turun serendah 0,9629 franc semalam.

Sementara itu, mata uang Jepang diperdagangkan pada 109,94 yen terhadap dolar pada pukul 4:24 sore. HK / SIN, dengan dolar sedikit pulih setelah mencapai titik terendah semalam di 109,87 yen.

Namun won Korea terus melemah, dengan dolar mengambil sebanyak 1.144,50 won di perdagangan Asia pada hari Kamis, dibandingkan dengan hanya 1.127 won di awal minggu ini. Dolar berada di 1.141,85 won pada pukul 11:32 pagi HK / SIN.

Harga emas terus melihat permintaan safe haven, menapak kerugian di awal sesi untuk diperdagangkan di sekitar tertinggi baru dua bulan. Harga emas spot berada di $ 1,279.13 per ounce pada pukul 2:22 siang. HK / SIN.

Sementara risiko geopolitik Korea Utara cenderung membebani pasar Asia untuk saat ini, investor diharapkan mengalihkan fokus mereka ke kebijakan moneter hingga akhir minggu, kata analis.

Di sisi pendapatan, saham Hong Kong Exchanges and Clearing turun 4,30 persen setelah mengatakan pada hari Rabu bahwa laba bersih kuartal kedua naik 12,5 persen menjadi HK $ 1,8 miliar ($ 230 juta), lebih tinggi dari perkiraan analis rata-rata HK $ 1,6 miliar, Kata Reuters.

Tapi Deutsche Bank terus melakukan “penjualan” pada saham tersebut, mencatat bahwa hasil yang lebih baik dari perkiraan didorong oleh kenaikan satu kali. Ia menambahkan bahwa saham tersebut diperdagangkan pada perkiraan “yang sangat mahal” sekitar 40 kali konsensus mengenai perkiraan pendapatan satu tahun ke depan, dan bahwa imbal hasil 2 persennya membuatnya “tidak menarik” sebagai permainan dividen.

Penggerak pasar lainnya di Hong Kong termasuk saham Wanda Hotel Development, yang memulai perdagangan Kamis setelah penghentian perdagangan satu hari. Saham Wanda Hotel melonjak 19,83 persen pada headline sehingga akan membeli aset senilai 7 miliar yuan ($ 1,05 miliar) dari perusahaan yang dikendalikan oleh Chairman Dalian Wanda Group Wang Jianlin.

Penyedia jasa keuangan Australia AMP melaporkan bahwa keuntungan setengah tahunan yang dibukukan meningkat 4 persen menjadi A $ 533 juta ($ 420 juta) – lebih tinggi dari perkiraan A $ 514,5 juta dalam jajak pendapat Reuters. Laba bersihnya mencapai A $ 445 juta ($ 351,8 juta), di bawah laporan A $ 523 juta yang dilaporkan tahun lalu. Saham AMP anjlok 2,59 persen.

Saham Virgin Australia melonjak 5,71 persen, sementara saham Qantas saingan tertahan 2,47 persen.

Virgin Australia melaporkan pada hari Jumat bahwa kerugian sebelum pajak yang mendasari A $ 3,7 juta untuk tahun fiskal penuh, namun Citi mengatakan dalam sebuah catatan bahwa hasilnya lebih baik daripada ekspektasinya untuk kerugian sebesar A $ 32,2 juta di tengah pemulihan operasi internasional. .

Citi mengatakan bahwa hasilnya menunjukkan implikasi positif bagi Qantas karena ini mendorong kuatnya pasar domestik.

Saham pembuat makanan bayi organik Australia Bellamy melonjak 7,80 persen setelah mengatakan dalam sebuah bursa saham yang mengatakan bahwa Tiongkok telah mencabut penghentian izin pabriknya untuk mengekspor ke daratan.

Di Jepang, saham Japan Display turun 7,69 persen menjadi 180 yen karena pasar memberikan rencana restrukturisasi perusahaan, yang dirilis pada hari Rabu.

Nomura memotong target pada saham menjadi 185 yen dari 220 yen, namun tetap melakukan rekomendasi “netral”.

Saham pembuat mie ikon cngkir Nissin Foods turun 4,96 persen meski perusahaan yang melaporkan laba bersih untuk kuartal Juni naik menjadi 5,76 miliar yen, naik 92 persen pada tahun ini.

Citi mengatakan dalam sebuah catatan bahwa hasilnya di bawah prakiraannya di tengah meningkatnya biaya iklan dan bisnis mi instan yang lamban di Brasil, namun ia tetap melakukan “beli” dan mengatakan bahwa kelemahan harga saham bisa bersifat sementara.

Di Hong Kong, saham SMIC merosot 6,66 persen.

Citi mengatakan dalam sebuah catatan pada hari Rabu bahwa laba bersih kuartal kedua SMIC, turun 63 persen pada tahun, di bawah perkiraan tentang utilisasi yang lebih rendah dan dana penelitian yang kurang dari pemerintah. Ini memotong saham menjadi “netral” dari “beli.”

Harga minyak memperpanjang kenaikan semalam hampir 1 persen, dengan Reuters mengutip berita utama tentang kilang di seluruh negara bagian yang memproses tingkat rekor minyak mentah. Minyak mentah brent naik 0,42 persen pada $ 52,92 per barel pada pukul 2:29. HK / SIN dan minyak mentah AS naik 0,34 persen pada $ 49,73.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi AS, jobless claim diindikasikan menurun, data PPI diindikasikan menguat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan bergerak naik jika bursa Wall Street menguat. Namun akan dicermati juga perkembangan geopolitik antara AS dan Korea Utara, yang jika berlanjut akan menekan bursa Asia.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here