Bursa Asia Berakhir Sebagian Besar Menguat Terdorong Kenaikan Wall Street

910

Bursa saham Asia ditutup menguat pada hari Selasa (15/08), dengan pasar memperoleh keuntungan dari penguatan bursa Wall Street.

Indeks Nikkei 225 Jepang naik 1,11 persen atau 216,21 poin, ditutup pada 19.753,31 karena dollar AS menguat terhadap yen, setelah indeks ditutup turun mendekati 1 persen pada sesi sebelumnya.

Indeks S & P / ASX 200 naik 0,47 persen atau 27,093 poin, berakhir pada 5.757,500, dengan indeks didorong oleh kenaikan teknologi informasi, layanan telekomunikasi dan investasi real estat Australia. Sub-indeks keuangan naik 0,45 persen.

Pasar Tiongkok juga cenderung lebih tinggi, dengan Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,30 persen pada pukul 03:14. HK / SIN, namun berakhir turun, dan pasar daratan memegang keuntungan yang dicapai pada sesi sebelumnya. Indeks Shanghai naik 0,44 persen atau 14.2800 poin, berakhir pada 3.251,6402 sementara Indeks Shenzhen naik tipis 0,400 persen, atau 7.5175 poin, ditutup pada 1.887,2833.

Pasar India dan Korea Selatan ditutup untuk hari libur.

Kenaikan di Asia terjadi setelah indeks utama di Amerika Serikat menutup sesi Senin secara signifikan lebih tinggi karena investor melihat meredanya ketegangan geopolitik yang telah menekan pasar hampir sepanjang minggu lalu. Indeks Dow Jones naik 0,62 persen atau 135,39 poin, berakhir pada 21,993.71. Indeks Volatilitas CBOE (VOC), yang secara luas dianggap sebagai ukuran ketakutan terbaik di pasar, diperdagangkan mendekati 12,3, turun sekitar 20 persen.

Dolar AS naik tipis terhadap sekeranjang mata uang menyusul kenaikan semalam, dengan indeks dolar di 93.717 at 3:08 p.m. HK / SIN. Greenback juga menguat terhadap yen, dengan mata uang A.S. terakhir mengambil 110,41 yen, naik kembali ke pegangan 110 yang terlihat sebelum ketegangan geopolitik meningkat pada pekan lalu.

Ketegangan tampaknya kembali meningkat, karena pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan kepada media pemerintah pada hari Selasa bahwa dia akan mengamati tindakan yang diambil oleh A.S. sebelum membuat keputusan lebih lanjut, Reuters melaporkan. Korea Utara telah mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya mempertimbangkan untuk menyerang Guam.

Dengan meredanya risiko geopolitik, investor dapat mengalihkan fokus mereka kembali ke kebijakan moneter, demikian menurut analis. Sisa minggu ini akan dicermati risalah pertemuan Fed menjelang pertemuan Jackson Hole minggu depan, dan hal tersebut diharapkan menjadi item utama yang akan diperhatikan pasar.

Dalam berita perusahaan, Melco International Development mengusulkan sebuah spin-off untuk resor Studio Macau-nya, dengan rencana untuk membuat daftar unit di A.S., kata perusahaan tersebut dalam sebuah pengajuan ke Hong Kong Exchange pada Senin malam. Saham Melco naik 2,74 persen karena berita tersebut, karena sebagian besar game bermain Hong Kong lainnya berbalik negatif pada paruh kedua hari ini: Wynn Macau naik 1,85 persen, namun Galaxy Entertainment menghapus kenaikan sebelumnya untuk diperdagangkan 0,11 persen lebih rendah.

Saham CBA ditutup turun 0,07 persen, karena saham-saham keuangan Australia lainnya mendapat keuntungan: ANZ berakhir 1,29 persen lebih tinggi setelah melaporkan kenaikan laba bersih kuartal ketiga sebesar 5,3 persen sementara National Australia Bank menguat 0,59 persen pada akhir sesi.

Sementara itu, dolar Australia merosot setelah beringsut lebih tinggi terhadap dolar setelah Reserve Bank of Australia memperingatkan tingkat kekuatan mata uang dan tingkat hutang rumah tangga dalam risalah rapat kebijakan bank sentral terakhir. Dolar Aussie diperdagangkan pada $ 0,7827 pada pukul 3:09 pm HK / SIN, setelah diperdagangkan setinggi $ 0,7876 di awal hari.

Penggerak pasar lainnya termasuk Toshiba. Saham ditutup naik 3,83 persen karena analis Citi menaikkan perusahaan Jepang tersebut “membeli / berisiko tinggi” dari “netral” dalam catatan 14 Agustus. Saham Toshiba masih merupakan “investasi berisiko”, namun kemungkinan delisting mengalami penurunan, kata catatan tersebut.

Juga mengenai Toshiba, sebuah pengadilan negara bagian California mengeluarkan perintah awal yang memberikan akses Western Digital ke data yang tersimpan di database Toshiba subsidiary Corporation Toshiba. Toshiba mengatakan akan mematuhi perintah dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa langkah tersebut tidak akan mempengaruhi bisnis memori.

Masih di Jepang, saham Fujifilm ditutup 7,69 persen lebih tinggi setelah perusahaan tersebut melaporkan rekor keuntungan pada kuartal yang berakhir pada bulan Juni pada hari Senin, menurut Reuters.

Di berita energi, harga minyak sebagian besar stabil setelah turun lebih dari 2,5 persen semalam. Minyak mentah Brent naik tipis 0,02 persen menjadi diperdagangkan pada $ 50,74 per barel dan minyak mentah West Texas Intermediate di AS turun 0,08 persen menjadi diperdagangkan pada $ 47,56. Minyak turun pada hari Senin karena dolar pulih dan data permintaan Tiongkok yang lembut membangkitkan kekhawatiran investor tentang kelebihan pasokan di pasar minyak, menurut Reuters.

Malam nanti akan dirilis laporan penjualan ritel A.S. yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan bergerak positif jika bursa Wall Street terealisir meningkat.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here