Bursa Eropa Bergerak Naik Dengan Meredanya Ketegangan AS-Korea Utara

1509

Bursa saham Eropa bergerak menguat pada hari Selasa (15/08) karena ketegangan antara A.S. dan Korea Utara menunjukkan tanda-tanda akan mereda, mendorong investor untuk kembali ke aset berisiko.

Indeks FTSE bergerak pada 7386.93, naik 33.04 poin atau 0,45%

Indeks DAX bergerak pada 12201.34, naik 36,22 poin atau 0,30%

Indeks CAC bergerak pada 5143.19, naik 21,52 poin atau 0,42%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10471.30, naik 10.10 poin atau 0,10%

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik 0,1 persen dengan sebagian besar sektor dan semua bursa utama di wilayah positif.

Sumber daya dasar dan minyak dan gas di antara sedikit memimpin, sementara mobil dan makanan dan minuman membukukan keuntungan seperti pada transaksi pagi. Sektor otomotif naik 0,35 persen lebih tinggi, dipimpin oleh Fiat Chrysler yang memegang keuntungan terlihat pada hari Senin menyusul laporan bahwa mereka telah menerima setidaknya satu tawaran dari produsen mobil Tiongkok.

Pengecer makanan Sainsbury naik 0,79 persen setelah menekan jeda atas usulan pengambilalihan grosir makanan grosir Nisa sebesar 130 juta dolar AS (168 juta dolar) di tengah kekhawatiran persaingan.

Hargreaves Lansdown turun 0,4 persen meski melaporkan kenaikan laba sebelum pajak sebesar 21 persen untuk tahun yang berakhir pada bulan Juni. Perusahaan menghasilkan laba sebelum pajak sebesar 265,8 juta pound ($ 345 juta), meskipun dividen turun 15 persen menjadi 29 pence per saham.

K + S diperdagangkan di dasar benchmark Eropa, turun lebih dari 5 persen, setelah melaporkan hasil yang lebih buruk dari perkiraan dan menurunkan prospek 20-20 EBITDA-nya.

Pengecer juga terseret lebih rendah karena Next merosot 4 persen. Berenberg menurunkan peringkatnya dari posisi hold to sell mengatakan kenaikan 10 persen baru-baru ini dalam harga saham memberikan risiko “material downside”.

Pasar di Austria, Italia, Yunani dan Polandia ditutup pada hari Selasa dalam perayaan Assumption Day.

Perang kata-kata yang sedang berlangsung antara Presiden Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump tampak mereda pada hari Selasa setelah pemimpin Korea Utara tersebut memberi isyarat bahwa dia akan menunda rencana untuk menembakkan rudal di dekat Guam sampai terdengar lebih banyak dari pemerintah A.S. Pasar Asia bergerak lebih tinggi dalam berita, sementara saham A.S. membukukan hari terbaik mereka di musim panas selama perdagangan Senin.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa bergerak naik dengan meredanya ketegangan geopolitik AS-Korea Utara.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here