Harga Emas Sesi Eropa Flat, Masih Mencari Sentimen Penggerak

3074

Harga emas sedikit berubah pada hari Senin (21/08) karena investor mencari arah lebih jauh setelah melewati sepekan ketidakpastian geopolitik di Amerika Serikat dan Eropa dan menjelang pertemuan para bank sentral akhir pekan ini.

Harga emas spot LLG turun 0,1 persen lebih tinggi pada $ 1,286.01 per ons pada 0640 GMT, sementara emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember datar di $ 1.291,70 per ons.

Logam melonjak ke level tertinggi sejak November pada hari Jumat ketika masalah politik dan keamanan di Amerika Serikat dan Spanyol memicu kekhawatiran investor dan memicu permintaan.

Namun, harga berbalik pada hari Jumat ketika Presiden A.S. Donald Trump memecat kepala ahli strategi Steve Bannon di Gedung Putih. Pasar saham pulih setelah berita dan dolar naik karena investor berpaling dari aset safe haven.

Saham Asia dan dolar sedikit berubah pada hari Senin karena kekhawatiran seputar kemampuan Trump untuk memenuhi janji kebijakan pro-pertumbuhan yang bertahan di antara para investor.

Investor juga waspada terhadap ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat saat pasukan A.S. dan pasukan Korea Selatan memulai latihan gabungan pada hari Senin.

Pasar juga melihat ke depan ke pertemuan bank sentral teratas akhir pekan ini di Jackson Hole, Wyoming, di mana pidato utama Kepala Federal Reserve AS Janet Yellen akan dipantau untk isyarat mengenai kenaikan suku bunga lebih lanjut tahun ini.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga A.S., karena suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya kesempatan untuk menahan bullion yang tidak menghasilkan.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,2 persen menjadi $ 16,96 per ons dan platinum naik 0,3 persen menjadi $ 978,40 per ons.

Palladium 0,4 persen lebih tinggi pada $ 926,97 per ons, setelah naik ke level tertinggi di lebih dari 16 tahun pada $ 934 pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas bergerak dayar dengan belum adanya arahan yang kuat untuk menggerakkan harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,288.00-$ 1,290.00, namun jika harga bergerak turun akan menembus kisaran Support $ 1,284.00-$ 1,282.00.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here