Pasar Dunia Stabil Ditengah Ancaman Balistik Korea, Minyak Mentah Berada Diatas $49 Per Barel

1381

Pasar dunia cenderung stabil, indeks S & P 500 naik, sementara Treasuries turun lebih rendah dan minyak mentah West Texas Intermediate diperdagangkan di atas $ 49 per barel untuk pertama kalinya dalam sebulan. Sementara itu, loonie melonjak ke level tertinggi dua tahun terhadap dolar A.S. setelah bank sentral Kanada menaikkan suku bunga acuan menjadi 1 persen.

Kenaikan harga saham para pembuat mobil membantu memacu pemulihan untuk Indeks Stoxx Europe 600 setelah pasar dunia mengalami penurunan mulai dari Hong Kong sampai ke Sydney karena pedagang kuatir akan peluncuran rudal balistik antar benua oleh Pyongyang. Euro naik untuk hari ketiga meski terjadi penurunan yang tak terduga dalam pesanan pabrik Jerman.

Karena “alasan pribadi,” Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer mengundurkan diri efektif bulan depan, setelah menjalani tiga tahun di bank sentral A.S. Kepergiannya “menambah ketidakpastian lebih lanjut terhadap prospek masa depan kepemimpinan bank sentral yang sudah suram,” menurut Royce Mendes, seorang ekonom di CIBC.

Masa jabatan Janet Yellen sebagai kursi Fed akan berakhir pada 2018. Presiden AS Donald Trump belum mengatakan apakah dia akan menjaganya atau membawa seseorang seperti Gary Cohn, penasehat ekonomi utamanya.

Sementara badai Irma mengancam Florida, Trump dijadwalkan tampil di sebuah acara pajak di North Dakota. Presiden diharapkan untuk fokus pada sejarah dukungan lintas negara untuk pengurangan tarif pajak, menurut informasi yang diberikan oleh Gedung Putih.

Data pertumbuhan ekonomi Australia menunjukkan kurang dari perkiraan untuk kuartal kedua, dan Reserve Bank of Australia membuat suku bunga acuan tidak berubah.

Data perdagangan Tiongkok minggu ini diperkirakan akan menunjukkan satu bulan pertumbuhan ekspor yang solid, sementara cadangan devisa mungkin terus meningkat ditengah-tengah kontrol modal yang lebih ketat, pertumbuhan yang kuat dan penguatan yuan.
Bank Sentral Eropa akan mengadakan pertemuan pada hari Kamis. Mario Draghi akan mengungkapkan kekhawatiran atas kekuatan euro, namun diperkirakan dia tidak akan banyak bercerita tentang masa depan program pembelian asetnya.

Saham

Indeks S & P 500 naik 0,18 persen menjadi 2.462,17 pada pukul 11:42 waktu New York.
Indeks Stoxx Europe 600 meningkat 0,1 persen.
Indeks DAX Jerman meningkat 0,7 persen
Indeks FTSE 100 dari Inggris turun 0,3 persen.

Mata uang

Indeks Spot Bloomberg Dollar turun 0,3 persen, terendah dalam lebih dari dua tahun.
Euro naik 0,3 persen menjadi $ 1,1944.
Pound Inggris menguat 0,3 persen menjadi $ 1,3076.
Yen Jepang menguat kurang dari 0,05 persen menjadi 108,78 per dolar.
Dolar Kanada melonjak 1,2 persen menjadi C $ 1,2223 per dolar A.S., yang terkuat di lebih dari dua tahun.

Obligasi

Hasil pada Treasuries 10 tahun naik basis point menjadi 2,07 persen.
Hasil 10 tahun di Jerman meningkat kurang dari satu basis poin menjadi 0,34 persen.
Hasil 10 tahun Inggris turun dua basis poin menjadi 1,006 persen, terendah dalam lebih dari seminggu.

Komoditi

Emas turun kurang dari 0,05 persen menjadi $ 1,339.67 per ounce.
Minyak mentah West Texas Intermediate naik 1,2 persen menjadi $ 49,23 per barel, tertinggi dalam empat minggu.
Indeks Komoditi Bloomberg naik 0,6 persen menjadi 85,84, tertinggi dalam lebih dari 20 minggu.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here