Badai Irma Termahal Dalam Sejarah AS

1824

Badai Irma dikabarkan akan mencapai semenanjung Florida selatan setelah menghancurkan kepulauan Karibia dan ancaman ini akan menjadi badai paling mahal di A.S. sejarah.

Dengan angin kencang sejauh 160 mil (260 kilometer) per jam, badai yang mengancam jiwa ini diprediksi bertambah besar, yang berarti sebagian besar Florida akan menghadapi angin topan saat ia menembus semenanjung itu dan bergerak ke arah Georgia. Badai Kategori 5 meniup melintasi kepulauan Camaguey di Kuba dan diperkirakan akan menyerang Florida Keys pada hari Minggu pagi, AS. National Hurricane Center mengatakan Sabtu dini hari. Badai ini telah menyebabkan setidaknya 22 orang tewas, ribuan orang kehilangan tempat tinggal di seluruh Karibia dan kerugian yang akan diderita diperkirakan sebesar $ 200 miliar.

Evakuasi wajib dikeluarkan di seluruh Florida, dengan sekitar 650.000 orang melarikan diri dari Miami-Dade sebagai bagian dari evakuasi terbesar yang pernah dilakukan di wilayuah tersebut. Departemen Manajemen Darurat negara tersebut memperkirakan ada 5,6 juta orang di negara bagian tersebut telah diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka, kata Gubernur Rick Scott dalam sebuah pernyataan. Penghuni perumahan Mar-a-Lago milik Presiden Donald Trump juga sedang dievakuasi, bersama dengan penduduk di sekitar Pantai Palm lainnya.

Irma adalah satu dari tiga sistem badai tropis yang berputar di Cekungan Atlantik. Sementara badai Jose, yang juga diperikirakan akan muncul di tahun 2017, adalah topan Kategori 4 dengan angin yang bertahan setebal 150 mil per jam dan diperkirakan akan lewat dekat atau tepat di sebelah timur Kepulauan Leeward utara sebelum berbelok ke timur laut dan menghilang di daratan A.S.

Badai Katia melemah setelah melakukan pendaratan sebagai badai Kategori 1 di utara Tecotula, Meksiko. Negara ini dilanda gempa dahsyat pada hari Jumat, mengguncang gedung-gedung di ibu kota dan memicu peringatan tsunami.

Angin topan Irma kini meluas sejauh 140 mil, menciptakan zona bahaya yang bisa dijangkau dari Pantai Palm Barat di pantai Atlantik ke Fort Myers di Teluk Meksiko. Itu adalah “mimpi buruk industri asuransi”.

Kerusakan bisa dengan mudah mencapai $ 135 miliar di Florida, dengan kerugian ekonomi lainnya yang mendorong harga mencapai $ 200 miliar, kata Watson. Perkiraan awal menunjukkan kerugian di Karibia mendekati $ 10 miliar. CoreLogic mengatakan 8,5 juta properti di Florida mungkin rusak oleh angin Irma.
Sebagai perbandingan, total kerugian dari angin topan Katrina mencapai $ 160 miliar setelah membanting ke New Orleans pada tahun 2005.

Sekitar 9 juta dari 20,6 juta orang Florida mungkin kehilangan listrik, menurut utilitas terbesar Florida Power & Light Co. Irma juga dapat mengurangi permintaan gas alam di salah satu A.S. yang terbesar dan mengancam hasil panen senilai $ 1,2 miliar.

Pemerintah mengambil langkah untuk memastikan persediaan bensin yang memadai setelah warga mengisi mobil, kapal dan generator cadangan menjelang badai.

Irma berada di tenggara tenggara Miami dan diperkirakan mendekati pantai utara Kuba pada hari Sabtu sebelum menyerang Florida Keys pada hari Minggu pagi dan pantai barat daya Florida pada hari Minggu siang, kata pusat badai tersebut.

Badai datang hanya dua minggu setelah Harvey menghancurkan pantai di Texas, menghancurkan hampir seperempat wilayah A.S. kapasitas penyulingan minyak dan menyebabkan pemadaman listrik dan banjir yang meluas.

Salah satu evakuasi pesawat terbang terbesar yang tercatat sedang berjalan saat ini dan Divisi Universal Parks and Resorts Comcast Corp. menutup tiga taman hiburan di Orlando, dan Walt Disney World Resort juga akan ditutup.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here