Pasar Eropa Rally, Pasar Tunggu Data Penting Dari AS Dan Tiongkok

1206

Ekuitas Eropa menuju penguatan beruntun terpanjang dalam lima bulan setelah Indeks S & P 500 memimpin saham global ke rekor tertinggi pada hari Senin. Dolar dibangun di atas awal yang kuat bagi investor yang sedang menunggu data ekonomi utama AS dalam beberapa hari kedepan.

Indeks Stoxx Europe 600 naik untuk hari kelima, transaksi terpanjang sejak April, karena sektor teknologi yang bergerak naik sebelum pengumuman Apple Inc yang diantisipasi akan keluar pada hari Selasa. Pembuat chip STMicroelectronics N.V. dan Infineon Technologies AG termasuk di antara pemimpin kenaikan dalam saham-saham teknologi. Indeks berjangka S & P juga menguat saat Korea Utara tetap diam dalam menghadapi putaran sanksi lain dan setelah Badai Irma menyebabkan sedikit kerusakan dari yang diperkirakan.

Sementara itu, iPhone baru dari Apple mendorong beberapa pembuat semikonduktor di Eropa meningkatkan hasil produksinya karena berharap mereka akan mendapatkan bagian dari permintaan baru dari Apple.

Apple Inc. mengungkapkan produk terbarunya pada hari Selasa, juga merencanakan untuk merilis iPhone baru dan versi baru dari jam tangan Apple.
Laporan bulanan Departemen Tenaga Kerja tentang A.S. lowongan kerja sesuai jadwal akan keluar pada hari Selasa; data penjualan dan inflasi juga dijadwalkan minggu ini.
Sementara Inggris Raya akan mengeluarkan angka inflasi pada hari Selasa, Bank of England hampir pasti akan meninggalkan kebijakan yang tidak berubah pada hari Kamis.
Data produksi industri Tiongkok untuk bulan Agustus juga akan keluar pada minggu ini, demikian juga dengan penjualan ritel dan investasi pada aset tetap. Australia merilis data pekerjaan pada hari Kamis.

Saham

Indeks Stoxx Europe 600 melonjak 0,7 persen pada pukul 7:36 pagi. Waktu New York, mencapai tertinggi dalam hampir lima minggu dengan kemajuan kelima berturut-turut.
Kontrak pada indeks S & P 500 naik 0,2 persen ke rekor tertinggi.
MSCI All-Country World Index meningkat 0,1 persen, mencapai rekor tertinggi dengan kenaikan kelima berturut-turut.
MSCI Emerging Market Index naik 0,2 persen menjadi 1.101,32, tertinggi di lebih dari enam tahun.
Indeks FTSE 100 Inggris turun 0,2 persen.

Mata uang

Indeks Spot Bloomberg Dollar meningkat 0,1 persen menjadi 1.143,58.
Euro turun 0,2 persen menjadi $ 1,1927.
Pound Inggris naik 0,8 persen menjadi $ 1,3262, yang terkuat dalam setahun.

Obligasi

Imbal hasil pada Treasuries 10 tahun meningkat dua basis poin menjadi 2,16 persen, tertinggi dalam seminggu. Demikian juga dengan imbal hasil obligasi Jerman dengan tenor yang sama, naik empat basis poin menjadi 0,37 persen, tertinggi dalam lebih dari seminggu. Di Inggris, naik empat basis poin menjadi 1.084 persen, tertinggi dalam hampir tiga minggu.

Komoditi

Emas turun 0,3 persen menjadi $ 1,323.79 per ounce, terlemah dalam lebih dari seminggu. Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,3 persen menjadi $ 48,23 per barel.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here