Inflasi Tahunan Canada Naik 1,4 Persen Dipicu Naiknya Harga Bensin

621

(Vibiznews – Economy & Business) – Harga konsumen Kanada terus menunjukkan beberapa tanda kenaikan pada bulan Agustus yang lalu, demikian pernyataan Data Statistik milik pemerintah Kanada yang di rilis hari ini yang mendorong inflasi kepercayaan pembuat kebijakan cenderung naik dari tingkat yang sangat rendah.

Inflasi tahunan meningkat menjadi 1,4 persen, terutama karena harga bensin yang lebih tinggi
Angka tersebut sedikit di bawah ekspektasi ekonom untuk yakni kenaikan 1,5 persen di bulan Agustus

Setelah dua kali kenaikan suku bunga sejak Juli, investor mengantisipasi kenaikan untuk ke tiga kalinya pada akhir tahun depan dengan harapan bank sentral akan bertindak untuk mencegah tekanan inflasi.

Sementara tingkat inflasi tetap di bawah target bank sentral, Bank of Canada telah membenarkan kenaikan suku bunga dengan mengutip data kelebihan kapasitas yang cepat sekali turun dalam ekonomi dan dengan mengklaim kekuatan yang sementara ini masih cukup untuk menjaga inflasi.

Tanda paling jelas bahwa pelemahan harga baru-baru ini setidaknya paling rendah adalah tanda-tanda meningkatnya inflasi. Tingkat inflasi sebesar 1,53 persen adalah yang tertinggi sejak Februari.

Kontributor utama adalah harga bensin yang lebih tinggi – yang naik 8,6 persen selama periode 12 bulan – merupakan faktor utama di balik kenaikan inflasi secara keseluruhan.
Tidak termasuk bensin, inflasi utama adalah 1,1 persen dari tahun sebelumnya, tidak berubah dari bulan Juli. Inflasi akan turun 0,1 persen setiap bulan kecuali untuk harga bensin

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here