Bursa Eropa Mingguan Naik 1 Persen; Kuartal Ketiga Raih Kenaikan 2 Persen

86

Bursa Saham Eropa ditutup menguat pada akhir perdagangan akhir pekan Jumat (29/09), pada hari perdagangan terakhir kuartal ini, di tengah membaiknya sentimen global dan rilis data baru.

Indeks FTSE berakhir pada 7372.76, naik 49,94 poin atau 0,68%

Indeks DAX berakhir pada 12828.86, naik 124,21 poin atau 0,98%

Indeks CAC berakhir pada 5329.81, naik 36.04 poin atau 0,68%.

Indeks Pan-European Stoxx 600 ditutup 0,36 persen lebih tinggi, dengan keuntungan meningkat pada siang hari dan sebagian besar sektor berakhir di wilayah positif. Untuk minggu ini selesai naik 1 persen dan mengalami kenaikan tipis lebih dari 2 persen untuk keseluruhan kuartal.

Barang-barang rumah tangga dan sumber daya dasarnya adalah sektor dengan kinerja terbaik pada hari Jumat sementara pembangun rumah tangga Inggris juga meningkat, didukung oleh upgrade peringkat. Saham Persimmon naik 2 persen.

Volkswagen mengatakan bahwa hasil operasi kuartal ketiga dilanda beban 2,5 miliar euro ($ 2,95 miliar) terkait dengan peningkatan ketentuan penyelesaian. Saham tersebut turun tajam pada hari Jumat namun mengurangi beberapa kerugian menjelang penutupan sesi tersebut.

Investor juga memantau angka inflasi dari seluruh zona Eropa. Angka sementara di Prancis menunjukkan inflasi sedikit lebih tinggi pada bulan September sebesar 1,1 persen year-on-year. Di Italia, harga konsumen naik 1,8 persen pada bulan ini, namun inflasi tahunan melambat menjadi 1,3 persen dari 1,4 persen di bulan sebelumnya. Untuk seluruh zona Eropa, data inflasi berada di bawah ekspektasi di 1,5 persen pada bulan September. Angka tersebut masih di bawah target Bank Sentral Eropa (ECB) mendekati tapi di bawah 2 persen.

Penjualan ritel di Jerman turun lebih rendah dari perkiraan di bulan Agustus, turun 0,4 persen pada bulan ini, kantor statistik nasional mengatakan. Sementara itu, kepercayaan konsumen Inggris tumbuh satu poin di bulan September, survei GfK menunjukkan hari Jumat, setelah turun dua poin di bulan sebelumnya.

Harga rumah di London turun untuk pertama kalinya sejak 2009, angka Nationwide terungkap. Pada saat yang sama, harga di seluruh Inggris naik dengan kecepatan paling lambat selama empat tahun terakhir.

Rovio, pembuat angry birds, mencapai 12,0 euro per saham pada hari Jumat awal pada debut pasarnya di bursa saham Finlandia. Harga IPO-nya adalah 11,5 euro per saham – di atas kisaran harga.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik jika nanti sore data ekonomi yang dirilis Markit Manufacturing PMI Final September Zona Eropa terealisir meningkat dan Unemployment Rate Zona Eropa terealisir menurun.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here