Bursa Eropa Sebagian Besar Positif; Bursa Spanyol Tergerus Kekerasan Catalonia

289

Bursa-bursa utama Eropa menutup perdagangan hari pertama di bulan Oktober, Senin malam (02/10) dengan sebagian besar berwarna hijau, meskipun IBEX dari Spanyol turun 1,21 persen karena meningkatnya kekhawatiran politik setelah referendum kemerdekaan tidak resmi di kawasan Catalonia.

Indeks Pan-European Stoxx 600 ditutup naik 0,37 persen dengan sebagian besar sektor di wilayah positif.

Indeks FTSE berakhir pada 7438.84, naik 66,08 poin atau 0,90%

Indeks DAX berakhir pada 12902.65, naik 73,79 poin atau 0,58%

Indeks CAC berakhir pada 5350.44, naik 20.63 poin atau 0,39%

Referendum kemerdekaan Catalan telah menciptakan keributan di negara Eropa selatan. Pemerintah daerah mengatakan bahwa 90 persen orang memilih untuk memilih kemerdekaan, sementara pemerintah nasional mengatakan bahwa referendum itu ilegal. Pejabat Catalan mengatakan bahwa lebih dari 800 orang terluka dalam bentrokan dengan polisi, yang mencoba mencegah orang untuk memilih.

Secara lebih luas, saham Eropa menyimpan momentum positif mereka setelah rilis data baru. Produsen di zona euro melaporkan bulan mereka yang paling produktif di bulan September sejak 2011. Indeks manajer pembelian akhir manufaktur IHS Markit mencapai 58,1 bulan lalu, setelah mencapai 57,4 di bulan Agustus.

Selanjutnya, data pengangguran di zona Eropa tetap berada pada level terendah yang terlihat sejak Februari 2009. Pada bulan Agustus, ada 9,1 persen orang menganggur di wilayah ini, turun dari 9,9 persen tahun lalu.

Saham travel and leisure berada di antara para pemain terbaik Senin. Ini menyusul kabar bahwa maskapai penerbangan Inggris Monarch telah berhenti penerbangan di tengah kerugian. Salah satu penerima manfaat dari langkah ini, serta pembatalan penerbangan Ryanair yang baru-baru ini, EasyJet ditutup di puncak Stoxx 600, naik 5,18 persen.

Ubi Banca juga ditutup di dekat bagian atas Stoxx 600, naik 4,33 persen, menyusul upgrade rating dari Societe Generale.

Pembangun asal Inggris menduduki puncak patokan Eropa Senin setelah Perdana Menteri Theresa May menjanjikan penyaluran bantuan sebesar 10 miliar euro ($ 13,34 miliar) kepada skema Bantuan untuk Beli Pemerintah. Pengembang Barrat naik 4,23 persen.

Pembuat botol Prancis Bic turun hampir 10 persen setelah memangkas perkiraan penjualan untuk tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center berpotensi positif mengikuti bursa AS yang positif. Juga akan mencermati perkembangan bursa global, mengingat belum ada data penting di bursa Eropa malam nanti. Namun bisa terjadi profit taking setelah kenaikan kemarin.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here