Harga Emas Rebound Setelah Turun Terendah 7 Minggu

343

Harga Emas rebound pada akhir perdagangan Rabu dinihari (04/10) namun sempat menyentuh level terendahnya dalam tujuh minggu, setelah data ekonomi A.S. yang kuat memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga berikutnya di Amerika Serikat tahun ini dan mendorong imbal hasil AS dan dolar AS menguat.

Harga emas spot LLG naik 0,21 persen pada $ 1,273.40 per ons setelah dolar dan imbal hasil obligasi A.S. mereda dari tertinggi sebelumnya. Namun harga emas sebelumnya menyentuh level $ 1.267.76, level terendah sejak 15 Agustus dan turun lebih dari 6 persen dari level tertinggi satu tahun di $ 1.357,54 pada awal September.

Emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember ditutup pada $ 1,274.70 per ons.

Indikator Fedwatch CME menunjukkan pasar berada pada posisi 77 persen kemungkinan kenaikan suku bunga Desember setelah data Senin menunjukkan lonjakan aktivitas manufaktur A.S. Saham AS dan saham dunia juga naik ke rekor baru karena prospek pertumbuhan global positif mendorong investasi pada aset berisiko.

Dolar AS yang kuat membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, sementara imbal hasil obligasi yang lebih tinggi mengurangi daya tarik emas yang tidak menghasilkan.

Posisi bersih hedge funds dan money managers di COMEX emas naik sembilan kali lipat dalam dua bulan sampai pertengahan September, membantu mendorong harga lebih tinggi, namun sejak itu turun tajam.

Sementara itu perak naik 0,55 persen pada $ 16,633 per ons namun masih mendekati level terendah sejak 9 Agustus.

Platinum datar pada $ 910,50 per ons dan paladium naik 0,98 persen pada $ 918,40 per ounce, tergelincir di bawah platinum setelah mencapai paritas harga untuk pertama kalinya dalam 16 tahun pekan lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dolar AS berlanjut. Juga perlu dicermati kondisi geopolitik seperti ketegangan AS-Korea Utara, yang jika mencuat lagi akan meningkatkan permintaan safe haven. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,275-$ 1,277, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,271-$ 1,269.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here