Harga Emas Terganjal Penguatan Dolar AS

370

Harga Emas turun pada akhir perdagangan Jumat dinihari (06/10) tertekan penguatan dolar AS yang terangkat penguatan data ekonomi A.S. dan harapan suku bunga A.S. akan segera naik.

Harga emas spot LLG turun 0,51 persen pada $ 1,267.76 per ons pada pukul 2:30 malam. ET.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember turun $ 3,60 di $ 1,273.20.

Indeks dolar AS menguat setelah data menunjukkan defisit perdagangan A.S. menyempit pada bulan Agustus karena ekspor barang dan jasa naik ke level tertinggi 2,5 tahun, sementara klaim pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan.

Ekspektasi pengetatan moneter juga didukung oleh Presiden Federal Reserve Bank Patrick Harker, yang mengatakan bahwa dia masih mencari-cari kenaikan satu lagi tahun ini dan tiga tahun depan.

Suku bunga yang lebih tinggi biasanya meningkatkan dolar dan imbal hasil obligasi, menambahkan tekanan pada emas dalam mata uang dolar.

Investor menunggu petunjuk lebih lanjut pada Jumat dari data non-farm payroll A.S., dengan investor memperkirakan akan terjadi perlambatan dalam pekerjaan baru karena gangguan dari dua badai besar di bulan September.

Emas telah maju sekitar 6 persen sejak menyentuh $ 1.357,54 per ons pada awal September, tertinggi di lebih dari satu tahun.

Di logam mulia lainnya, perak naik 0,06 persen menjadi $ 16,592 per ons.

Palladium menambahkan 1,92 persen menjadi $ 939,70 setelah bergerak minggu lalu ke premium di atas platinum, yang turun 0,3 persen menjadi $ 913,10.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah jika penguatan dolar AS berlanjut. Namun jika data Non Farm Payrolls AS September terealisir menurun, akan menekan dolar AS dan menguatkan emas. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,266-$ 1,264, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,270-$ 1,272.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here