Kenaikan Upah Dorong Penguatan Dolar Meskipun NFP Turun 33.000

328

(Vibiznews – Forex) – Dolar melonjak ke tertinggi lebih dari dua bulan terhadap yen dan tujuh minggu tertinggi terhadap euro pada hari Jumat setelah laporan pekerjaan pemerintah untuk bulan September menunjukkan kenaikan upah namun penurunan jumlah pekerja yang menerima gaji.

Rata-rata pendapatan per jam meningkat 12 sen atau 0,5 persen pada September setelah naik 0,2 persen pada Agustus. Kenaikan tersebut terjadi karena nonfarm payrolls turun sebanyak 33.000 pekerjaan bulan lalu setelah Badai Harvey dan Irma mengakibatkan pekerja paruh waktu yang kehilangan pekerjaan sementara pengusaha menunda perekrutan.

“Saya pikir kebanyakan orang menyadari bahwa angka utama akan terdistorsi karena badai, namun kejutannya adalah pendapatan rata-rata per jam,” kata Win Thin, kepala strategi mata uang pasar negara berkembang di Brown Brothers Harriman di New York.

“Ini adalah bagian yang hilang dalam teka-teki Fed,” Thin menambahkan. “Saya pikir rally dolar kembali ke jalurnya dan harus berlanjut minggu depan.”

Greenback melonjak setinggi 113,41 yen JPY =, tertinggi sejak 14 Juli. Euro EUR = turun ke level terendah di $ 1,167, terendah sejak 17 Agustus.

Memperbaiki data A.S. seiring dengan prospek pemotongan pajak A.S. dan kemungkinan Federal Reserve menaikkan suku bunga pada bulan Desember telah meningkatkan mata uang A.S. dalam beberapa pekan terakhir.

sumber : bloomberg
Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here