Harga Emas Naik Tertinggi Seminggu karena Geopolitik, Emas Rupiah Ikut Merangkak

311

(Vibiznews – Commodity) – Harga spot emas dunia terpantau naik lagi ke level tertinggi seminggunya pada hari Selasa ini, terdorong oleh ketegangan geopolitik dan dollar yang agak melemah, namun demikian ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve akhir tahun ini dapat menghambat momentum kenaikan berlanjut emas ini.

Spot emas naik 0,4 persen pada $1,289.15 per ounce pada sore WIB ini. Sementara itu harga emas spot dalam rupiah per gram hari ini bertengger di Rp560.251, merangkak naik dari Rp555 ribuan pada minggu lalu (10/10).

Ketegangan dan ketidakpastian geopolitik seputar apa yang akan dilakukan oleh Presiden AS Donald Trump untuk Korea Utara membuat tingkat risiko bercokol di pasar, dan memberikan dukungan sementara terhadap harga emas, menurut analis pasar di Hong Kong.

Rusia dan China menyerukan untuk pengekangan diri terhadap isyu Korea Utara pada hari Senin setelah Trump memperingatkan di akhir pekan bahwa “hanya satu hal yang akan berhasil” dalam menangani Pyongyang, mengisyaratkan bahwa tindakan militer ada di dalam pikirannya, demikian dirilis dari CNBC (10/10).

Dollar yang lebih lambat bertumbuh pada hari Selasa ini juga memberikan dukungan harga emas, namun ekspektasi bahwa Fed akan menaikkan suku bunga lagi tahun ini membuat keuntungan pada emas ini harus selalu diwaspadai.

Dari data Fed funds futures menunjukkan harga pedagang hampir 90 persen kemungkinan adanya kenaikan suku bunga di bulan Desember.

Analis teknikal Reuters dikabarkan melihat emas spot masih menyasar $1.299 per ounce, karena telah menembus resistance di $1.281.

Sementara itu, analisis Vibiznews melihat bahwa resistance lebih kuat ada di $1.313. Yang menahannya mencapai level itu adalah, kembali, prospek kenaikan bunga the Fed, bursa saham yang menanjak, dan peredaan kondisi geopolitik Korea. Namun, bila sampai pecah perang, siap-siap untuk melihat harga emas melambung lagi ke $1.334.

 

Source: CNBC dan berbagai sumber

Analis: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here