Waktunya Mendesak: Optimalisasi Aset Properti

5622

Aset negara yang dimiliki oleh lembaga, kementerian, termasuk BUMN dan BUMD di negeri kita begitu besar dan tersebar. Nilai aset Pemerintah RI kabarnya mencapai sekitar Rp4.800 triliun, sementara nilai aset BUMN diperkirakan akan mencapai Rp7.200 triliun di tahun 2017 ini. Namun demikian potensi kekayaan aset sebesar itu, harus diakui, belum tergarap dengan optimum.

Kondisi aset negara dewasa ini yang dimiliki BUMN yang tersebar dari Sabang-Merauke, statusnya sangat beragam. Ada yang sudah “clean and clear”, tetapi ada juga yang terbengkalai, bermasalah dan dalam sengketa. Banyak aset yang belum optimum pencatatan, penggunaan dan pemanfaatannya. Sejumlah permasalahan terkait dengan aspek pengelolaan aset properti BUMN, antara lain adalah:

1. Pemanfaatan aset yang belum optimum.
2. Kurang berjalannya identifikasi, monitoring dan evaluasi aset.
3. Prosedur anggaran yang kurang konsisten.
4. Beragam kepentingan dan distorsi lainnya.
5. Terjadi disalokasi dan penjarahan aset, dll.

Sementara itu, dewasa ini Pemerintah sedang terus menggencarkan pembangunan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, berkualitas dan lebih tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tentunya membutuhkan pemanfaatan sejumlah aset negara secara lebih profesional dan optimum.

Itu sebabnya, peranan pelatihan properti yang relevan sangat strategis untuk menunjang tujuan optimalisasi aset negara ataupun suatu perusahaan. Pelatihan optimalisasi aset idealnya disampaikan secara praktis dan komprehensif tetapi dalam waktu yang relatif padat. Kenapa praktis? Supaya dapat langsung diterapkan karena tidak ada waktu untuk SDM di BUMN, misalnya, belajar aneka teori ilmu lagi.

Komprehensif tujuannya supaya dapat mencakup berbagai aspek, ditambah lagi mengingat umyumnya peserta bukan berasal dari pembelajar ilmu properti. Waktunya diharapkan padat karena kebutuhan ini sudah mendesak dan segera. Ini semakin penting demi memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi dewasa ini dan prospek ke depannya.

Sekaranglah saatnya melakukan “optimalisasi aset”. Ya, sudah mendesak! Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait pelatihan optimalisasi aset, bisa menghubungi : Ms. Ria (0812.8830.0224) atau mengirimkan email ke: vibizpba@gmail.com. Kami siap menjawab pertanyaan Anda dengan senang hati.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here