Dolar AS Melonjak Terangkat Optimisme Reformasi Pajak AS

381

Dolar AS naik pada hari Jumat (20/10) di sesi Asia, didukung oleh meningkatnya optimisme mengenai prospek reformasi pajak A.S., sementara dolar Selandia Baru mencapai posisi terendah dalam lima bulan, terhambat oleh ketidakpastian mengenai kebijakan ekonomi di bawah pemerintahan baru.

Optimisme reformasi pajak AS muncul pada Kamis malam ketika Senat menyetujui cetak biru anggaran untuk tahun fiskal 2018 yang akan membuka jalan bagi Partai Republik untuk mengejar paket pemotongan pajak tanpa dukungan Demokrat.

Dolar naik 0,5 persen pada hari ini menjadi 113,14 yen, telah meningkat setinggi 113,315 yen pada satu titik, tingkat terkuatnya sejak 6 Oktober.

Dolar kemungkinan akan menguat terhadap yen dalam waktu dekat, menyusul pemilihan umum Jepang pada hari Minggu tampaknya tidak akan menimbulkan kejutan bagi pasar. Pemberitaan media baru-baru ini menunjukkan bahwa koalisi Jepang Perdana Menteri Shinzo Abe berada di jalur yang kira-kira sesuai dengan dua pertiga dari mayoritas super yang diadakan di majelis rendah parlemen sebelum pemilihan cepat diadakan.

Penguatan dolar AS membuat euro turun 0,3 persen menjadi $ 1,1818, sementara sterling turun 0,4 persen menjadi $ 1,3107.

Dolar Selandia Baru merosot ke level terendah lima bulan karena kekhawatiran koalisi Partai Buruh baru akan mengambil sikap lebih keras mengenai imigrasi dan investasi asing daripada pemerintah kanan tengah yang keluar.

Dolar Selandia Baru turun ke level $ 0,6971 pada satu titik, level terendah sejak 22 Mei. Itu terakhir turun 0,6 persen pada $ 0,6989, setelah jatuh 1,7 persen pada hari Kamis karena penurunan persentase satu hari terbesar dalam lebih dari satu tahun. .

Perdana Menteri Selandia Baru terpilih Jacinda Ardern mengatakan bahwa dia akan menghabiskan hari Jumat untuk merilis isu dan jabatan menteri dengan mitra koalisi Selandia Baru Pertama, sehari setelah menjadi pemimpin termuda di negara Pasifik dalam lebih dari 150 tahun.

Partai Buruh mengatakan ingin menambahkan pekerjaan ke bank sentral, yang akan menandai perubahan besar bagi Reserve Bank of New Zealand.

Sementara Partai Buruh dan Partai Pertama Selandia Baru telah memunculkan beberapa gagasan berbeda mengenai kebijakan moneter, keseluruhan arahan tampaknya menjadi pilihan yang mungkin bagi melemahnya dolar Selandia Baru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pergerakan dolar AS akan terus berlanjut dengan menguatnya optimisme reformasi pajak.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here