Bursa Eropa Akhir Pekan dan Mingguan Naik Tipis

193

Pasar Saham Eropa berakhir naik tipis pada akhir pekan hari Jumat (20/10), dengan investor merespon pendapatan perusahaan dan memantau perkembangan politik di kawasan ini.

Indeks FTSE berakhir pada 7523.23, naik 0,19 poin atau 0%

Indeks DAX berakhir pada 12991.28, naik 1,18 poin atau 0,01%

Indeks CAC berakhir pada 5372.38, naik 4.09 poin atau 0,08%

Indeks Pan-European Stoxx 600 ditutup naik 0,2 persen. Untuk minggu ini, patokan turun hampir 0,4 persen. Bank adalah pemain terbaik pada hari Jumat, dengan sektor berakhir lebih tinggi sebesar 1 persen.

Volvo pembuat truk melonjak ke puncak patokan Eropa setelah perusahaan Skandinavia tersebut merilis angka terbarunya. Produsen terbesar Swedia melaporkan kenaikan pendapatan kuartalan yang lebih kuat dari perkiraan karena permintaan yang kuat untuk truk-truk berat lebih dari sekadar mengimbangi biaya dari rantai pasokannya. Volvo ditutup 7 persen lebih tinggi merespon berita tersebut.

Antofagasta dan ArcelorMittal keduanya ditutup menguat 1 persen lebih tinggi setelah harga tembaga menguat didukung saham perusahaan pertambangan.

Mendekati bagian bawah indeks, Assa Abloy Swedia tergelincir lebih dari 2 persen pada hari Jumat. Pembuat kunci terbesar di dunia tersebut membukukan kenaikan sederhana pada laba kuartal ketiga seperti yang diharapkan, namun penjualan menurun di Tiongkok.

Hari kedua KTT Uni Eropa berlangsung di Brussel, Jumat. Perdana Menteri Theresa May membantah laporan bahwa Inggris telah meningkatkan penawaran finansialnya ke Uni Eropa sebagai bagian dari langkah-langkahnya untuk meninggalkan blok tersebut.

Di tempat lain, investor terus memantau perkembangan di Catalonia, setelah berita muncul pada hari Kamis bahwa pemerintah pusat Spanyol akan beralih untuk menangguhkan otonomi daerah. Laporan pada hari Jumat mengatakan bahwa pemerintah Spanyol telah menyetujui oposisi Sosialis untuk mengadakan pemilihan regional pada bulan Januari di Catalonia.

Sore nanti akan dirilis data Consumer Confidence Flash Oktober yang diindikasikan sedikit meningkat.

Analyst Vibiz Research Center berpotensi positif jika data Consumer Confidence Oktober Zona Eropa terealisir meningkat.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here