Dolar AS Akhir Pekan Naik Tertinggi 1 Bulan; Raih Kenaikan Mingguan Kelima

654

Dolar AS mencetak kenaikan harian terbesar dalam satu bulan pada akhir pekan Sabtu dinihari (21/10) dan mencatat kenaikan mingguan untuk kelima kalinya dalam enam minggu karena kemajuan reformasi pajak A.S. meningkatkan prospek peningkatan fiskal terhadap ekonomi, meningkatkan selera investor untuk mengambil risiko.

Dolar AS mencapai level tertinggi tiga bulan terhadap yen Jepang, menjadi 113,48 yen, dan level tertinggi lima bulan terhadap franc Swiss, menyentuh 0,9847 franc. Pedagang mencari yen dan franc Swiss pada saat ketidakpastian dan ketakutan, dan menjual mata uang saat mereka menyukai aset berisiko.

Persetujuan Senat mengenai cetak biru anggaran pada hari Kamis untuk tahun fiskal 2018 membersihkan rintangan penting bagi Partai Republik untuk mengejar paket pemotongan pajak tanpa dukungan Demokrat.

Investor juga telah memperoleh sentimen bullish minggu ini dari komentar Ketua The Fed Janet Yellen dan pejabat Fed lainnya yang menyarankan bank sentral bergerak maju dengan kenaikan suku bunga lainnya tahun ini.

Dolar sempat jatuh pada berita bahwa Trump mempertimbangkan untuk mencalonkan John Taylor dan Jerome Powell untuk jabatan teratas di The Fed, satu sebagai ketua dan satu sebagai wakil ketua.

Kekuatan dolar menyeret euro turun 0,62 persen menjadi $ 1,1777 menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa minggu depan di mana para pembuat kebijakan terlihat mengurangi pembelian obligasi namun memberikan suara untuk perpanjangan stimulus.

Peningkatan risk appetite juga membantu meningkatkan euro ke level tertingginya terhadap franc Swiss sejak Januari 2015, ketika Swiss National Bank membatalkan patokannya dengan euro.

Dolar Selandia Baru merosot ke level terendah lima bulan karena kekhawatiran koalisi Partai Buruh baru akan mengambil sikap lebih keras mengenai imigrasi dan investasi asing daripada pemerintah kanan tengah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS akan terus meningkat dengan menguatnya optimisme reformasi pajak dan harapan kenaikan suku bunga AS

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here