Harga Emas Mingguan Anjlok 2 Persen; Optimisme Reformasi Pajak AS Menekan Emas

558

Harga emas turun pada akhir pekan Sabtu dinihari (21/10) setelah Senat AS menyetujui cetak biru anggaran yang membuka jalan bagi pemotongan pajak, menyebabkan saham, dolar dan imbal hasil obligasi meningkat.

Harga emas spot LLG turun 0,79 persen pada $ 1,279.21 per ons. Emas turun 1,94 persen pada minggu ini.

Emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember berakhir 0,89 persen lebih rendah, di $ 1.280,7 per ons.

Senat yang dikendalikan oleh Partai Republik tersebut mengumpulkan 51 suara dibandingkan 49 pada hari Kamis untuk mengukur, membersihkan rintangan untuk pemotongan pajak yang akan menambah hingga 1,5 triliun dolar untuk defisit federal selama dekade berikutnya.

Investor optimis pada pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat sebagai akibatnya membeli aset berisiko sementara pemegang obligasi mengurangi posisi mereka pada kekhawatiran bahwa inflasi dan pinjaman federal dapat meningkat.

Imbal hasil obligasi yang lebih tinggi meningkatkan tekanan pada emas batangan karena emas tidak memberikan imbal hasil, sementara dolar yang lebih kuat membuatnya lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Investor juga mungkin melihat pemotongan pajak sebagai pendukung suku bunga A.S. yang lebih tinggi. Tingkat suku bunga yang lebih tinggi akan mendorong imbal hasil obligasi dan dolar.

Sementara itu, Presiden Donald Trump bisa mengumumkan pilihannya untuk ketua berikutnya dari Federal Reserve A.S. pada awal pekan depan setelah dia mewawancarai lima kandidat termasuk ketua The Fed saat ini Janet Yellen.

Sebuah laporan pada hari Kamis mengatakan bahwa Trump sedang condong ke Gubernur Fed Jerome Powell, yang dianggap sebagai kandidat yang kurang hawkish.

Di logam mulia lainnya, perak turun 1,08 persen pada $ 17,016 per ons, jatuh pada minggu ini menjadi sekitar 2 persen.

Platinum naik 0,25 persen pada $ 919,24 per ounce dan paladium naik 1,42 persen pada $ 972,15.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi turun terganjal optimisme reformasi pajak AS dan penguatan dolar AS. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,277-$ 1,275, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,281-$ 1,283.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here