Bursa Eropa Naik Tipis; Perbankan Spanyol Tertekan Krisis Catalonia

254

Pasar saham Eropa membukukan kenaikan tipis pada penutupan perdagangan Senin (23/10), dengan investor mencermati laporan terbaru pendapatan perusahaan dan mencoba menyingkirkan kekhawatiran seputar krisis konstitusional Spanyol yang sedang berlangsung.

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun dari titik tertinggi sesi hingga akhir, namun selesai naik 0,16 persen, sementara sebagian besar sektor berakhir positif.

Indeks FTSE 100 Inggris ditutup naik 0,02 persen pada penutupan, sementara indeks DAX Jerman muncul 0,09 persen. Sedangkan indeks CAC 40 Prancis, naik 0,27 persen pada akhir hari perdagangan.

Sektor Teknologi dinobatkan sebagai sektor berkinerja terbaik di Eropa Senin, melonjak 1,31 persen, dengan hampir semua sahamnya selesai dalam zona hitam. Saham perangkat lunak yang terdaftar di Jerman maju di depan, melonjak 4,85 persen setelah UBS dan Independent Research menaikkan target harga saham mereka.

Menempel dengan bagian atas STOXX 600, perusahaan teknik GKN naik lebih dari 5 persen menyusul sebuah laporan oleh The Sunday Times yang menyatakan bahwa perusahaan Inggris melihat potensi membagi menjadi dua perusahaan yang terdaftar – satu bisnis dirgantara dan yang lainnya adalah otomotif.

Musim penghasilan terus berjalan lancar Senin, karena seluruh perusahaan induk membukukan angka terbaru mereka. Perusahaan teknologi dan kesehatan Belanda, Philips, melaporkan bahwa keuntungan intinya naik 12 persen menjadi 532 juta euro ($ 626,11 juta) pada kuartal ketiga. Sahamnya naik lebih dari 1 persen pada berita tersebut.

Sementara itu, Securitas melonjak 3,6 persen setelah melaporkan laba yang lebih baik dari perkiraan selama akhir pekan. Kelompok layanan keamanan mengatakan bahwa pihaknya memperoleh pangsa pasar di A.S. sementara pendapatan inti sejalan dengan ekspektasi.

Di komoditas, sumber daya dasar mengungguli sektor utama lainnya, didukung oleh kenaikan harga logam; dengan Swedia Boliden mencapai bagian atas benchmark sektor ini. Penambang tersebut muncul 3,6 persen setelah Credit Suisse menaikkan peringkat sahamnya dari “netral” menjadi “mengungguli”.

Sementara itu, tidak semua saham berjalan baik. IWG tergelincir lebih dari 3 persen, setelah Credit Suisse dan Berenberg memotong peringkat mereka di saham yang terdaftar di London, menyusul sebuah update perdagangan baru-baru ini yang dikeluarkan perusahaan tersebut.

Saham media turun 0,49 persen dengan Mediaset tergelincir ke bawah level STOXX 600, turun 3,8 persen setelah seorang anggota dewan kelompok Italia mengatakan Senin bahwa dewan Mediaset belum menerima draft untuk kemungkinan kesepakatan dengan Vivendi di Prancis, Reuters melaporkan .

Krisis politik terbesar Spanyol dalam beberapa dekade beralih ke minggu yang menentukan pada hari Senin, karena Madrid berusaha untuk memaksakan kontrolnya atas wilayah yang bergolak.

Pemerintah Spanyol telah mendesak warga Catalan untuk menerima keputusannya untuk memberhentikan kepemimpinan separatis mereka di tengah spekulasi bahwa Presiden regional, Carlos Puigdemont, berencana untuk terus maju dengan sebuah deklarasi kemerdekaan sepihak. IBEX Spanyol turun 0,6 persen pada hari Senin.

Indeks perbankan Eropa turun ke transaksi merah di sore hari, karena bank-bank Spanyol menyebabkan kerugian di tengah ketidakpastian politik yang sedang berlangsung. BBVA, Bankia dan Banco de Sabadell turun lebih dari 1 persen pada penutupan hari Senin. Bank secara keseluruhan tergelincir 0,49 persen.

Di data depan, optimisme bisnis Inggris turun untuk pertama kalinya dalam satu tahun selama kuartal terakhir, menurut sebuah survei yang dikeluarkan oleh CBI pada hari Senin.

Analyst Vibiz Research Center berpotensi negatif jika krisis Catalonia terus berlanjut. emikian juga negatifnya bursa all Street dapat memberikan sentimen bearish.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here