Bursa Eropa Mixed; Investor Cermati Laporan Laba Emiten dan Krisis Catalonia

233

Pasar Saham Eropa ditutup mixed pada hari Selasa (24/10), dengan investor mencermati laporan pendapatan perusahaan terbaru dan kekuatiran krisis konstitusional Spanyol.

Indeks FTSE berakhir pada 7526.54, naik 2,09 poin atau 0,03%

Indeks DAX berakhir pada 13013.19, naik 10.05 poin atau 0,08%

Indeks CAC berakhir pada 5394.80, naik 7,99 poin atau 0,15%

Indeks Pan-European Stoxx 600 ditutup turun 0,36 persen sementara dengan sebagian besar sektor di wilayah negatif. Saham perawatan kesehatan dan perjalanan dan liburan memimpin kerugian di Eropa, dengan kedua sektor turun lebih dari 1 persen.

Whitbread Inggris melaporkan kenaikan laba sebelum pajak pada babak pertama sebesar 6,7 persen karena menambahkan lebih banyak kamar Premier Inn dan membuka gerai kopi Costa tambahan. Meskipun terjadi kenaikan laba dalam enam bulan pertama tahun ini, operator hotel dan kopi terbesar di Inggris bergerak menuju dasar patokan pada hari Selasa, ditutup turun hampir 5 persen.

Perusahaan jasa minyak Italia Saipem sementara itu mengatakan telah kembali menghasilkan keuntungan, melaporkan laba bersih sebesar 53 juta euro pada kuartal ketiga. Chief Executive Stefano Cao mengatakan kepada analis bahwa prospek pasar tetap tertantang, menurut Reuters. Berita tersebut mengirim saham perusahaan naik lebih dari 10 persen.

Perusahaan pertahanan Swedia Saab membukukan laba pada hari Selasa, melaporkan bahwa pemesanan dan keuntungan berada di atas prakiraan pasar di kuartal ketiga. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa hal itu telah dibantu oleh peningkatan pengeluaran pertahanan dan penanaman investasi dalam keamanan sipil. Sahamnya ditutup naik 4 persen.

Beralih fokus pada politik, pemerintah pusat Spanyol mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memecat pemerintah Catalonia pada hari Sabtu dalam upaya terakhir untuk mencegah desakan daerah yang bergolak tersebut untuk kemerdekaan. Sebagai tanggapan, para pemimpin separatis Katalan meminta pembangkangan sipil massal. IBEX Spanyol ditutup lebih dari 0,4 persen lebih tinggi, memangkas hampir semua kerugiannya dari sesi sebelumnya.

Dalam data ekonomi, perusahaan di zona euro dilaporkan tumbuh pada tingkat yang lebih lambat dari yang diperkirakan bulan ini. Indeks Pembelian Manajer Gabungan (PMI) turun menjadi 55,9 di bulan Oktober, turun dari 56,7 di bulan September. Sementara pembacaannya lebih lemah dari perkiraan, masih menunjukkan ekspansi yang solid karena lebih dari 50 menunjukkan pertumbuhan.

Sore nanti akan dirilis data IFO Business Climate Oktober Jerman, juga GDP Growth Rate QoQ Prel Q3 Inggris, yang kedua data tersebut diindikasikan stabil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak mixed dengan data ekonomi stabil dan masih berlangsungnya krisis Catalonia.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here