Bursa Eropa Bergerak Mixed; Investor Cermati Laporan Emiten dan Harga Minyak

490

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa mixed pada perdagangan Senin (30/10) karena investor memantau laporan pendapatan perusahaan, sementara harga minyak melayang mendekati level tertinggi 2 tahun.

Indeks FTSE bergerak pada 7495.65, turun -9,38 poin atau -0,12%

Indeks DAX bergerak pada 13228.94, naik 11,40 poin atau 0,09%

Indeks CAC bergerak pada 5498.51, naik 4,38 poin atau 0,08%

Indeks Pan-European Stoxx 600 beringsut 0,1 persen lebih rendah selama transaksi pagi, dengan sektor dan bursa utama menunjuk ke arah yang berlawanan.

Makanan dan minuman dan barang rumah tangga merupakan sektor dengan kinerja terburuk pada hari Senin pagi, turun 0,6 persen di tengah berita pendapatan.

Melihat saham individual, Bankia melaporkan penurunan laba bersih kuartal ketiga sebesar 10 persen pada Senin pagi, karena pendapatan pinjaman tetap tertekan oleh suku bunga rendah. Bank-bank Spanyol yang mencatat pendapatan terakhir mereka telah membukukan hasil yang dibayang-bayangi oleh dorongan Catalonia untuk merdeka. Namun, saham Bankia kurang terpengaruh, dan pada hari Senin, mereka naik lebih dari 2 persen.

Glencore meningkatkan panduan pemasaran setahun penuh untuk laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) menjadi antara $ 2,6 miliar dan $ 2,8 miliar pada hari Senin. Kelompok perdagangan pertambangan dan komoditas tersebut menyebutkan pemulihan yang berlanjut dari komoditas yang berakhir pada 2016. Sahamnya turun 0,6 persen pada transaksi pagi-pagi.

Kembali ke Eropa, Spanyol menangkap pemimpin pemerintah daerah Catalonia pada hari Jumat, tak lama setelah Catalonia mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol. Madrid juga membubarkan parlemen Catalan dan menyerukan pemilihan daerah yang baru. IBEX dari Spanyol naik 1,5 persen pada perdagangan pagi hari.

Pasar minyak stabil pada hari Senin, dengan Brent bertahan di atas $ 60 per barel karena ekspektasi pemangkasan produksi OPEC yang akan berakhir pada bulan Maret akan diperpanjang.

Sore ini telah dirilis data Business Confidence, Services, Economic & Industrial Sentiment Oktober Zona Eropa yang terealisir meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan data ekonomi positif, namun jika krisis Catalonia terus meningkat akan dapat menekan bursa Eropa.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here