Harga Emas Naik Tipis Terpicu Krisis Politik Catalonia

480

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas naik tipis pada perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (28/10), membalikkan kerugian sebelumnya setelah deklarasi kemerdekaan parlemen Catalonia dari Spanyol menyebabkan investor mencari keamanan dari pergolakan politik.

Harga emas spot LLG menyentuh sesi rendah tertinggi pada $ 1,272.80 per ons, setelah turun terburuk dalam hampir tiga minggu. Pada pukul 11:05 pagi waktu ET, emas naik 0,25 persen menjadi $ 1.269,84 namun masih menuju penurunan mingguan kedua.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember naik 0,1 persen menjadi $ 1,270.80.

Deklarasi Catalonia bertentangan dengan pemerintah Madrid, yang bersiap untuk menerapkan peraturan langsung atas wilayah tersebut.

Emas sering digunakan sebagai tempat berlindung yang aman di masa ketidakpastian geopolitik dan ekonomi, sementara aset berisiko seperti ekuitas umumnya dijual.

Indeks dolar AS mereda pada laporan Bloomberg bahwa Presiden Donald Trump condong ke arah Gubernur Federal Reserve Jerome Powell sebagai pilihannya untuk memimpin bank sentral A.S.

Namun, dolar AS masih diperdagangkan di dekat level tertinggi tiga bulan, memberi tekanan pada emas karena membuat komoditas berharga dolar lebih mahal bagi investor non-A.S.

Menurut sebuah laporan Politico, pencarian Trump untuk ketua Fed berikutnya telah sampai kepada ekonom Powell dan Stanford University John Taylor.

Di tempat lain, Dewan Perwakilan Rakyat A.S. membantu membuka jalan pada hari Kamis untuk pemotongan pajak yang dicari oleh para pemimpin Trump dan Republikan, yang mendukung dolar AS.

Kepemilikan emas terbesar di dunia yang didukung bursa ETF. SPDR Gold Shares yang terdaftar di New York, turun 1,2 ton pada hari Kamis, data dari dana tersebut menunjukkan, arus keluar pertama dalam lebih dari dua minggu.

Harga perak turun 0,08 persen menjadi $ 16,731 per ons dan platinum turun 0,64 persen menjadi $ 911,50, sementara paladium tergelincir 0,36 persen menjadi $ 965,60.

Semua tiga logam berada di jalur untuk penurunan mingguan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika ketegangan Catalonia berlanjut. Namun jika penguatan dolar AS terjadi, akan menekan emas. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,272-$ 1,274, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,268-$ 1,266.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here