Spot Emas Turun Karena Concern Pasar, Emas Antam Naik Terbatas

367

(Vibiznews – Commodity) – Harga spot emas dunia menurun pada hari Senin sementara para investor global tetap concern menjelang penetapan kursi kepemimpinan Federal Reserve AS berikutnya dan menjelang pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada minggu ini (30/10).

Harga spot emas turun 0,2 persen menjadi $ 1,271.03 per ons pada Senin siang WIB ini.

Presiden Donald Trump percayakan Gubernur Federal Reserve Jerome Powell untuk menjadi kepala Bank Sentral AS, sumber yang mengetahui hal tersebut mengatakan pada hari Jumat. Trump akan mengumumkan pilihan resminya siapa yang akan memimpin The Fed pada minggu ini, demikian dilansir dari CNBC (30/10).

Sementara itu, perekonomian AS secara tak terduga terus tumbuh dengan cepat pada kuartal ketiga karena peningkatan persediaan investasi dan defisit perdagangan yang lebih kecil dapat mengimbangi perlambatan belanja konsumen dan penurunan konstruksi yang dihantam badai.

Dollar saat ini masih melayang berkisar di level tertinggi tiga bulannya terhadap keranjang mata uang pada hari Senin, dan saham bursa se-Asia cenderung naik, dengan indeks MSCI yang terbesar di luar Jepang memperoleh gain 0,5 persen.

Pasar emas fisik tetap tenang di sebagian besar pusat pasar Asia minggu lalu, meskipun ada penurunan harga, dengan India sedang jeda pembelian baru karena permintaan dari musim festival sedang tenang di negeri konsumen emas terbesar kedua di dunia ini.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa emas spot dunia sedang menuju garis support di $1.260. Kalau itu tembus, level lebih rendah ada di $1.251.

Di dalam negeri, harga emas spot dalam rupiah naik tipis ke Rp555.423 dibandingkan Rp554.490 pada perdagangan pasar akhir pekan lalu. Demikian pula harga emas ANTAM terpantau naik ke Rp626.589 per gramnya, dibandingkan harga pasar Jumat di Rp621.554 per gram.

 

Source: CNBC

Analis: J. John

Editor: J. John

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here