Strategi OPEC Memperlihatkan Hasil, Harga Minyak Dunia Terus Membaik

264

(Vibiznews -Commodity) – Pasar minyak menguat pada hari Senin, dengan pembukaan harga minyak mentah Brent di atas $ 60 per barel karena ekspektasi penurunan produksi OPEC yang akan berakhir Maret akan diperpanjang.

Harga minyak mentah Brent LCOc1, patokan internasional untuk harga minyak, berada di $ 60,53 per barel pada pukul 00:54 GMT, naik 9 sen atau 0,15 persen dari harga penutupan terakhir.

Harga ini masih mendekati tingkat tertinggi sejak Juli 2015 dan naik lebih dari 36 persen sejak posisi terendah 2017 mereka pada Juni lalu.

Minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) CLc1 naik 13 sen atau 0,24 persen pada $ 54,03 per barel.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) ditambah Rusia dan sembilan produsen lainnya telah sepakat untuk menahan sekitar 1,8 juta barel per hari (bpd) untuk mengatasi kelimpahan pasokan minyak mentah dunia. Perjanjian tersebut berjalan sampai Maret 2018, namun Arab Saudi dan Rusia, yang memimpin usaha tersebut, telah menyuarakan dukungan mereka untuk memperpanjang kesepakatan tersebut.

OPEC dijadwalkan untuk bertemu secara resmi di kantor pusatnya di Wina, Austria, pada 30 November.

Sementara OPEC dan mitranya menahan pasokan, produksi A.S. C-OUT-T-EIA telah meningkat hampir 13 persen sejak pertengahan 2016. Akibatnya, WTI diperdagangkan dengan harga diskon sekitar $ 6,50 per barel melawan Brent CL-LCO1 = R, yang membuat ekspor minyak mentah A.S. ke dunia menjadi menarik.

Hedge fund dan pengelola uang lainnya menaikkan taruhan bullish mereka terhadap harga minyak mentah dan opsi AS pada minggu ke 24 Oktober, demikian pernyataan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here