Harga Emas Menguat; Akankah Pelemahan Wall Street Menjadi Sentimen Bullish?

440

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas menguat pada akhir perdagangan Selasa dinihari (31/10) dengan investor mencermati pertemuan bank sentral dan berita kebijakan minggu ini, termasuk pengumuman Presiden Donald Trump terkait pemilihan ketua Federal Reserve berikutnya.

Harga emas spot LLG naik 0,22 persen menjadi $ 1,275.45 per ons, sedikit berubah dari level akhir Jumat tapi berhasil menembus level terendah tiga minggu sesi ini di $ 1,263.35.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember ditutup naik 0,3 persen pada $ 1,278.10 per ons.

Bank sentral A.S. memulai sebuah pertemuan kebijakan dua hari pada hari Selasa, sementara Bank of Japan dan Bank of England juga bertemu minggu ini untuk membahas kebijakan suku bunga. Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang meningkatkan biaya kesempatan untuk menahan emas yang tidak menghasilkan. Kebijakan A.S. yang lebih ketat juga meningkatkan dolar, di mana menekan harga logam mulia.

Emas menghadapi sejumlah risiko potensial minggu ini, termasuk pertemuan kebijakan moneter A.S. dan pengumuman ketua Fed, data pekerjaan utama pada hari Jumat dan kekacauan yang sedang berlangsung di Catalonia.

Spekulan menurunkan taruhan emas COMEX emas mereka sebesar 1.968 kontrak menjadi 173.043 kontrak, data Perdagangan Komoditas Berjangka A.S (CFTC) menunjukkan pada hari Jumat, membawa mereka ke titik terendah sejak awal Agustus. Serta pertemuan kebijakan moneter minggu ini, perhatian beralih ke prospek ketua Federal Reserve berikutnya. Gubernur Fed Jerome Powell, yang dianggap moderat, secara luas diperkirakan akan mengambil alih posisi Janet Yellen saat ia mundur di bulan Februari.

Trump telah mengatakan bahwa dia telah mempertimbangkan baik ekonom Powell dan Stanford University John Taylor untuk jabatan tersebut dan juga tidak mengesampingkan pengusulan kembali Yellen.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,1 persen pada $ 16,80 per ons. Platinum 0,47 persen lebih tinggi pada $ 918,80 per ons, sementara paladium rata pada $ 965,50.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik dengan pelemahan bursa Wall Street dan pelemahan dolar AS. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,277-$ 1,279, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,273-$ 1,271.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here