TESLA Merilis Semi Truk Listrik Pertama di Dunia

439

(Vibiznews – Technology)  – Tesla perusahaan otomotif kelas dunia yang terkenal menciptakan sedan-sedan listrik, memulai langkah baru dalam dunia transportasi ramah lingkungan dengan memperkenalkan truk bertenaga listrik sepenuhnya, Tesla Semi, yang bisa menempuh jarak sejauh 804,6 kilometer dalam satu kali pengisian daya listrik.

CEO Tesla Elon Musk, pemilik perusahaan Semi truk listrik meluncurkan kendaraan baru tersebut pada sebuah acara di Hawthorne, California, tempat mobil-mobil Tesla didesain yang juga menjadi markas perusahaan kedirgantaraan Spacex. Dia duduk di dalam Tesla Semi truk listrik tersebut saat memberikan penjelasan, demikian dilansir dari CNBC baru-baru ini (16/11).

Dengan desain yang  ramping  dan aerodinamis  berbalut warna abu-abu  logam  Tesla Semi memungkinkan pengemudi truk dapat berdiri di dalam truk. Musk dan teamnya mengatakan Tesla Semi listrik ini punya proforma lebih cepat dan memberikan  kepada pengemudi truk pengalaman yang jauh lebih baik, sekaligus meningkatkan keamanan dan secara signifikan mengurangi biaya transportasi kargo.

Perbedaan yang paling besar antara Tesla Semi truk dan  Class 8 truk lainnya adalah desain ruang kabin di mana letak kursi pengemudi bukan di sebelah kiri atau di sebelah kanan seperti di Eropa dan Asia, melainkan terletak di tengah truk dengan sebuah  touchscreen panel yang terletak di kedua sisi pengemudi sehingga memberikan pandangan yang luas ke jalan.

Selain itu,  setiap Tesla Semi truk tersebut dilengkapi dengan built-in connectivity yang terintegrasi secara langsung dengan sistem kendaraan yang memungkinkan adanya monitoring secara remote.

Tesla Semi akan mengambil pelajaran yang dipetik dari pembuatan Model S, X dan 3. Misalnya, Tesla Semi akan menampilkan empat motor listrik independen yang ditempatkan di masing-masing roda dari Model 3 dan panel layar sentuh di kabin yang sama dengan yang digunakan pada Model 3. Truk ini hanya memakai satu transmisi sehingga tidak memerlukan penggantian gigi persneling, serta sistem pengereman regeneratif yang “pada dasarnya memberikan fungsi rem tak terbatas,” kata Musk.

Perusahaan mengatakan truk tersebut dapat melaju hingga 60 mil (100 kilometer) per jam dalam lima detik, dan mencapai kecepatan itu dalam 20 detik saat mengangkut beban maksimum 80.000 pound, atau lebih cepat dari truk diesel konvensional. Truk ini memiliki jangkauan hingga 500 mil (804.672 km) dalam satu kali pengisian daya listrik.

Selain itu, karena Tesla Semi tidak menggunakan mesin tenaga diesel yang besar, ruang pengemudi akan memiliki kabin yang lebih luas dari model semi Class 8 yang tradisional. Edisi pertama Tesla Semi tidak memiliki kompartemen tidur untuk supir truk.

Sementara Musk dan timnya yakin Tesla Semi akan mengubah industri truk, tetapi analis Wall Street mengatakan dampaknya masih akan tergantung pada bagaimana proses ekonomis truk tersebut mempengaruhi perusahaan-perusahaan pelayaran.

Salah satu aspek yang akan mendapat banyak perhatian adalah seberapa cepat baterai truk akan mengalami degradasi setelah penggunaan yang berat sampai 50.000 mil per tahun. Analis dari Bernstein menyoroti potensi masalah dalam sebuah catatannya kepada investor, “Sementara isyu degradasi baterai tidak lagi terlalu menjadi kontroversi investor untuk kendaraan konsumen Tesla, hal itu tetap dapat menimbulkan risiko yang penting untuk Tesla Semi.”

Bahkan jika angka spesifikasiTesla Semi kelihatannya menarik bagi perusahaan-perusahaan truk yang fokus pada penurunan biaya, sang produsen mobil nampaknya akan tetap mengalami pemangkasan atas pesanan yang diterima. Pasalnya, empat produsen mendominasi pasar truk Class 8, dengan divisi Freightliner Daimler menguasai hampir 40 persen pasar.

Sumber : CNBC

Belinda/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center
Editor : Judah Pakasi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here