Harga Emas Mingguan Turun 1 Persen; Pengesahan UU Reformasi Pajak Dicermati

380

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas naik pada hari akhir perdagangan Sabtu dinihari (02/12) setelah dolar dan pasar saham AS turun karena penundaan reformasi pajak A.S.

Harga emas spot LLG berakhir naik 0,44 persen pada $ 1,280.18 per ons. Logam mulia turun 1 persen minggu ini.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember naik 0,2 persen menjadi $ 1,279.10.

Reformasi pajak akan negatif untuk emas karena akan menyebabkan inflasi lebih tinggi dan kenaikan suku bunga Fed. Pelemahan emas baru-baru ini terjadi disebabkan oleh rally yang terus berlanjut di pasar ekuitas global, didorong oleh optimisme ekonomi dan harapan mengenai reformasi pajak.

Perombakan pajak Partai Republik terhenti dalam sebuah isu prosedural, menunda semua suara sampai Jumat pagi. Tidak jelas apakah akan ada pemungutan suara yang menentukan pada RUU tersebut pada hari Jumat.

Saham A.S. minggu ini mencapai rekor tertinggi pada taruhan bahwa reformasi pajak A.S. akan terus berlanjut namun mereda setelah penundaan pada hari Kamis.

Aktifitas rendah untuk aset dianggap berisiko seperti saham, meningkatkan daya tarik aset yang dipandang lebih aman, seperti emas.

Indeks dolar, yang mengukur dolar AS terhadap sekeranjang enam saingan utama, lebih lembut pada level 92,984 karena pasar menunggu pemungutan suara reformasi pajak.

Perak tergelincir 0,9 persen menjadi $ 16,30 setelah mencocokkan rendah 6 Oktober di $ 16,30 per ons pada sesi sebelumnya. Itu turun lebih dari 3 persen dalam seminggu.

Palladium naik 1 persen menjadi $ 1.010,20 dan naik 2 persen untuk minggu ini. Platinum turun 0,9 persen pada $ 932,50 per ons dan turun 0,8 persen dalam sepekan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas bisa bergerak naik dengan melemahnya bursa Wall Street dan perkembangan reformasi pajak di AS. Namun jika undang-undang reformasi pajak disahkan, akan menekan harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,278-$ 1,276, dan jika harga bergerak naik akan berada di kisaran Resistance $ 1,282-$ 1,284.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here