Bursa Saham Asia Pagi Kompak Menguat, Searah Wall Street

563

(Vibiznews – Index) – Pasar saham Asia menguat tipis pada perdagangan Jumat pagi (8/12) setelah bursa AS berakhir lebih tinggi pada hari Kamis sementara investor di negara Amerika itu menunggu perkembangan selanjutnya reformasi pajak. Pasar juga menunggu rilis data perdagangan dari China untuk petunjuk tentang kesehatan ekonominya.

Nikkei 225 terpantau menguat 1,12 persen, rebound setelah mencatat penurunan 2 persen di tengah minggu ini. Juga memberikan dukungan untuk kenaikan tersebut adalah yen yang menurun, diperdagangkan di atas level 113 terhadap dolar. Saham produsen mobil, teknologi dan trading house mencatat kenaikan.

Dilaporkan dari CNBC (8/12), PDB kuartal ketiga Jepang direvisi naik menjadi 2,5 persen dari perkiraan awal 1,4 persen, Reuters melaporkan. Secara triwulanan, ekonomi tumbuh 0,6 persen, dibandingkan dengan perkiraan 0,4 persen. Setelah rilis, dolar mengambil posisi 113,28 yen sesi pagi ini, di atas level penutupan hari Kamis di 113,07.

Di Selat Korea, Kospi bergerak datar karena keuntungan pada saham teknologi berat mengimbangi kerugian yang terlihat pada produsen mobil dan beberapa manufaktur. Samsung Electronics dan SK Hynix masing-masing naik 1,14 persen dan 2,11 persen. Hyundai Motor turun 2,79 persen dan Posco turun 1,95 persen.

Di Selatan, S&P/ASX 200 menanjak 0,22 persen karena sebagian besar saham terkait energi naik didukung harga minyak yang naik lebih dari 1 persen pada sesi terakhir. Oil Search naik 1,11 persen dan Beach Energy bertambah 3,61 persen, namun Santos diperdagangkan datar. Saham bank mencatat kenaikan, sementara pertambangan utama diperdagangkan di wilayah negatif.

Pasar saham China bergerak naik pada awal perdagangan. Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,65 persen. Di daratan, Shanghai Composite menanjak 0,17 persen dan Shenzhen Composite menguat 0,63 persen.

 

Editor: J. John

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here