Sukuk RI Mendapat Peringkat BBB Dari Fitch Ratings

185

(Vibiznews – Bonds) – Setelah Lembaga pemeringkat Fitch Ratings meningkatkan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia dari BBB-/Outlook Positif menjadi BBB/Outlook Stabil pada 20 Desember 2017 yang lalu kini Fitch Ratings telah menyelesaikan pemeringkatan sertifikat sukuk global Indonesia, yakni peringkat BBB (EXP). Peringkat ini sesuai dengan peringkat utang jangka panjang Indonesia (IDR) yang ada di level BBB..

Peringkat tersebut diberikan Fitch karena Indonesia mulai menunjukan penguatan sektor eksternal yang didukung oleh kebijakan makroekonomi secara konsisten yang diarahkan untuk menjaga stabilitas. Selain itu Indonesia memiliki kebijakan nilai tukar yang lebih fleksibel, cadangan devisa yang meningkat tajam, kebijakan moneter yang mampu mengatasi gejolak aliran modal, kebijakan makroprudensial yang mampu mengendalikan utang luar negeri korporasi.

Sukuk ini sendiri akan diterbitkan melalui Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia III (PPSI-III), yang juga merupakan wali amanat. PPSI-III adalah badan hukum di Indonesia yang dibentuk untuk menerbitkan sekuritas syariah pemerintah Indonesia dalam mata uang asing di pasar internasional.

Penerbit tersebut sedang mempertimbangkan beberapa tahapan untuk transaksi sukuk yang diusulkan, di mana satu tranche lagi atau lebih dapat menjadikannya sukuk hijau. Hasil dari sukuk sukuk hijau kemungkinan bisa digunakan untuk membiayai proyek berbasis lingkungan.

“Kami belum mempertimbangkan aset dasar yang diberikan saat memberikan peringkat ke sukuk PPSI-III, karena kami percaya bahwa kemampuan penerbit untuk memenuhi pembayaran yang jatuh tempo pada sertifikat pada akhirnya akan bergantung pada pemerintah Indonesia yang memenuhi kewajiban pembayaran tanpa jaminan kepada penerbit di bawah dokumen transaksi yang dijelaskan dalam prospektus dan dokumen pelengkap lainnya,” tulis Fitch.

Selain kecenderungan pemerintah Indonesia untuk memastikan pembayaran kembali sukuk PPSI-III, menurut Fitch, hal itu juga diperlukan untuk memastikan pembayaran PPSI-III secara penuh dan tepat waktu karena berbagai peran dan kewajiban pemerintah Indonesia di bawah struktur sukuk dan dokumentasi.

Adapun rating Fitch untuk sertifikat tersebut mencerminkan kepercayaannya bahwa pemerintah Indonesia akan terus menjaga kewajibannya. Saat memberikan peringkat ke sertifikat sukuk, Fitch tidak mengungkapkan pendapat mengenai kepatuhan mereka terhadap prinsip Syariah.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business
Editor : Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here