IHSG 12 Februari Berhasil Rebound Ditopang 7 Sektor

318

(Vibiznews – IDX) Pada penutupan perdagangan awal pekan Senin sore (12/02), Indeks Harga Saham Gabungan berakhir di zona hijau setelah bergerak rebound dari pelemahan akhir pekan lalu. Kenaikan indeks dipicu oleh bargain hunting investor lokal merespon positifnya bursa saham global, namun kenaikan masih dibatasi oleh aksi profit taking asing.

IHSG ditutup menguat 0,3% atau menguat 18 poin pada posisi 6523 setelah sempat bergerak kuat di posisi tinggi 6532. Namun untuk indeks saham unggulan LQ45 masih dizona merah dengan akhir sesi sama dengan penutupan akhir pekan lalu. IHSG akhir pekan lalu anjlok di posisi 6506.

Sore ini IHSG berakhir dengan 228 saham menguat, 109 saham melemah dan 91 saham stagnan. Transaksi saham terjadi sebanyak 15,6 miliar saham dengan nilai nominal Rp.7,7 triliun, dengan frekuensi sebanyak 404,77 kali.

Sore ini IHSG terangkat tinggi oleh 7 sektor yang hijau, dengan penguatan saham terbesar di sektor agri dan mining yang bullish hingga 1,7 dan 1,6 persen. Untuk sektor yang merah dipimpin oleh sektor industri dasar.

Untuk dana asing yang keluar hingga penutupan perdagangan hari ini oleh aksi jual mencapai net Rp 583,2 miliar.

Analis Vibiznews melihat masih banyaknya modal asing keluar dipicu oleh posisi rupiah yang semakin lemah hingga turun ke posisi 13650. Untuk pergerakan keesokan harinya diperkirakan masih mampu bergerak positif seiring hijaunya perdagangan bursa saham global.

Jul Allens, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here