Optimisme Imlek Di Tiongkok Gerakkan Banyak Pasar Saham Asia

264

(Vibiznews – Index) – Indeks Saham Eropa 600 naik dipimpin keuntungan para penambang dan industri kimia. Pasar saham Korea Selatan menguat setelah Presiden Moon Jae-in diundang oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk bertemu.

Hasil Treasury sepuluh tahun AS naik pada hari Senin, menyentuh level tertinggi empat tahun di tengah kekhawatiran Federal Reserve dapat mempercepat laju suku bunga.

Wakil Presiden Mike Pence mengatakan kepada Washington Post bahwa AS siap untuk terlibat dalam pembicaraan mengenai program nuklir Korea Utara, menandakan sebuah perubahan dalam kebijakan. Komentar ini muncul setelah presiden Korea Utara meminta kepada adik perempuannya untuk mengundang presiden Korea Selatan untuk melakukan perundingan saat Olimpiade Musim Dingin berjalan. Pergerakan mata uang won mengungguli mata uang utama.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diwaspadai pada minggu ini, antara lain adalah Trump akan mengirimkan cetak biru anggaran 2019 pada hari Senin.

Perayaan Tahun Baru Imlek untuk Tahun Anjing Dimulai di Tiongkok dan perayaan ini juga banyak diikuti oleh Negara-negara di Asia, termasuk Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Indonesia. Pasar daratan Tiongkok akan ditutup pada 15-21 Februari mendatang.

Nasib Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma ditetapkan untuk dimeteraikan pada hari Senin ketika pimpinan Kongres Nasional Afrika yang berkuasa bertemu untuk mengakhiri transisi ke pemerintahan baru.

AS indeks harga konsumen, karena Rabu, mungkin meningkat pada kecepatan yang moderat pada bulan Januari, proyek ekonom. Penjualan ritel di AS, juga hari Rabu, mungkin naik untuk bulan kelima berturut-turut.

Jepang diperkirakan akan memperpanjang pertumbuhan ekonomi terpanjang sejak pertengahan 1990an ketika melaporkan produk domestik bruto kuartal keempat pada hari Rabu.

Laporan kinerja keuangan emiten masih berlanjut dan yang ditunggu adalah laporan dari Bunge, TripAdvisor, Sunpower, Con Edison, Bombardier, Heineken, Loews, Michelin, PepsiCo, MetLife, Cisco, Japan Post Bank, Credit Suisse, Nestle, Airbus, Allianz, Telstra, Coca-Cola , Deere, Eni, Credit Agricole dan Campbell Soup.

Bursa saham Asia Pasifik mulai bergerak naik, Indeks Stoxx Europe 600 naik 1,3 persen pada pukul 8:16 pagi waktu London.
MSCI All-Country World Index melonjak 0,4 persen, kenaikan terbesar dalam lebih dari dua minggu.
Indeks FTSE 100 Inggris naik 1,2 persen.

Sementara itu di pasar obligasi dunia, imbal hasil pada Treasuries 10 tahun AS naik tiga basis poin menjadi 2,88 persen, tertinggi di lebih dari empat tahun. Demikian juga dengan imbal hasil Jerman 10 tahun meningkat dua basis poin menjadi 0,77 persen, tertinggi dalam lebih dari dua tahun dan imbal hasil 10 tahun Inggris naik empat basis poin menjadi 1,605 persen

Pada pergerakan pasar mata uang dunia ditandai dengan menguatnya euro, naik 0,1 persen menjadi $ 1,2262.
Pound Inggris meningkat 0,1 persen menjadi $ 1,3835.
Roda Afrika Selatan naik 0,3 persen menjadi 11,963 per dolar.

Hari ini, harga minyak mentah West Texas Intermediate naik 1,3 persen menjadi $ 59,96 per barel, kenaikan pertama dalam lebih dari seminggu, harga emas naik 0,3 persen menjadi $ 1,321.07 per ounce, kenaikan terbesar dalam seminggu dan harga tembaga di bursa komoditi London, LME naik 1,1 persen menjadi $ 6.830,50 per metrik ton, kenaikan pertama dalam seminggu.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/CP-Stocks,Commodity,Forex and Stock Index/Vibiz Consulting
Asito Situmorang/Editor

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here