Bursa Asia Menguat, Kecuali Bursa Jepang Tertekan Penguatan Yen

775

(Vibiznews – Index) Sebagian besar bursa Asia ditutup menguat pada hari Selasa (13/02), setelah bursa Wall Stret mencatat kenaikan kedua hari setelah kerugian minggu lalu.

Namun, indeks Jepang Nikkei 225 membalikkan kenaikan awal untuk ditutup turun 0,65 persen atau 137,94 poin, pada level 21,244.68 karena pasar melanjutkan perdagangan setelah akhir pekan yang panjang. Penurunan indeks terjadi karena dolar melemah terhadap yen Jepang, dan berbeda dengan rebound yang terlihat di pasar regional lainnya menyusul aksi jual baru-baru ini di saham.

Saham produsen mobil berakhir mixed, dengan Toyota meluncur 2,53 persen. Saham keuangan yang berada di wilayah positif di awal, melepaskan kenaikan perdagangan lebih rendah, dengan Mitsubishi UFJ Financial Group turun 1,46 persen pada akhir hari.

Saham blue chip lainnya juga melihat kenaikan awal terhapus: Fanuc Manufacturing berakhir di bawah 0,69 persen dan Fast Retailing ditutup turun 1,11 persen.

Di pasar Korea Selatan, Kospi menguat 0,41 persen hingga ditutup pada 2.395,19. Keuntungan didorong oleh penampilan kuat dari saham kapital besar teknologi Samsung Electronics dan SK Hynix, yang masing-masing melonjak 3,98 persen dan 4,3 persen.

Produsen mobil mendapat tekanan: Hyundai Motor kehilangan 0,97 persen sementara Kia Motors turun 2,28 persen pada akhir hari. Saham manufaktur juga suram. Pembuat besi baja Posco turun 1,24 persen dan Hyundai Steel turun 0,76 persen. LG Chem kehilangan keuntungan awal untuk meluncur 2,02 persen pada hari itu.

Indeks S & P / ASX 200 ditutup menguat 0,6 persen pada 5855.9 saat musim pendapatan bergulir. Sektor bahan dan emas termasuk di antara pemain terbaik pada hari itu, sementara sektor keuangan tertimbang berat naik tipis 0,45 persen.

Sementara itu, indeks kondisi bisnis National Australia Bank naik pada bulan Januari, mengindikasikan aktivitas bisnis yang kuat di negara ini. Indeks tersebut berada di +19 titik indeks untuk bulan tersebut, di atas rata-rata indeks +5 poin jangka panjang, kata NAB.

Pasar Tiongkok yang lebih besar juga menguat. Indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,54persen pada pukul 3:14 sore. HK / SIN karena pasar meraih keuntungannya kembali setelah jatuh ke wilayah koreksi pekan lalu. Saham teknologi mixed, namun indeks Tencent menguatkan kenaikan kelas berat, naik 2,54 persen dan menyumbang 72 poin pada kenaikan indeks 381,53 poin menjelang penutupan pasar.

Saham keuangan diperdagangkan kuat di wilayah positif: HSBC menguat 0,69 persen dan China Construction Bank menguat 1,43 persen pada pukul 3:04. HK / SIN. Saham Hong Kong Exchanges and Clearing naik 2,64 persen setelah pengangkatan dua anggota dewan baru.

Pengembang properti juga mendapat kenaikan, dengan China Evergrande Group naik 3,29 persen pada pukul 03:05. HK / SIN. Grup HNA Group Hong Kong International Construction Investment Group diperdagangkan menguat 8,53 persen menjelang penutupan setelah mengatakan akan menjual dua bidang tanah ke Henderson Land Development senilai hampir 16 miliar dolar Hong Kong ($ 2,05 miliar). Saham Henderson naik 1,02 persen pada pukul 03.05 siang. HK / SIN.

Volume perdagangan lebih ringan dari biasanya, dengan perdagangan selatan pada saham terhubung ditutup, menjelang liburan Tahun Baru Imlek.

Di pasar daratan Tiongkok, indeks komposit Shanghai naik 1 persen menjadi ditutup pada 3.185,6 dan komposit Shenzhen naik 0,41 persen menjadi berakhir pada 1.730,83. Indeks blue chip CSI 300 ditutup menguat 1,19%.

Pasar India tutup pada hari Selasa untuk liburan.

Pasar A.S. pada hari Senin melanjutkan rebound mereka dari minggu terburuk mereka dalam dua tahun, dengan indeks saham utama mencatat kenaikan lebih dari 1 persen. Aksi jual pekan lalu, yang awalnya dipicu oleh kekhawatiran kenaikan suku bunga, melihat Dow dan S & P 500 kehilangan 5,2 persen pada minggu ini.

Imbal Hasil Treasury Treasury AS 10 tahun menyentuh level tertinggi baru empat tahun di sesi terakhir. Hasil Treasury 10-tahun berdiri di 2,85 persen setelah naik setinggi 2,9 persen semalam.

Investor juga mencerna rilis rencana infrastruktur Trump administrasi senilai $ 200 miliar.

Honda Motor akan menarik sekitar 350.000 mobil di Tiongkok karena masalah terkait dengan mesin, lapor Reuters. Tidak ada kecelakaan yang terkait dengan masalah ini, kata Reuters, mengutip perwakilan Honda. Saham Honda ditutup turun 1,71 persen.

Fujifilm Holdings mengakhiri sesi ini turun 3,23 persen. Pada hari Selasa, pemegang saham Xerox Carl Icahn dan Darwin Deason mengkritik sebuah kesepakatan yang akan melihat Xerox dijual ke Fujifilm.

Sementara itu, Fosun China siap membeli saham mayoritas di rumah mode Prancis Lanvin, kata Reuters, mengutip sumber. Saham Fosun naik 1,62 persen pada pukul 03:07. HK / SIN.

Di tempat lain, saham CapitaLand naik 2,02 persen pada 2:47 p.m. HK / SIN setelah pengembang mengumumkan pada hari Selasa bahwa keuntungan pasca pajak untuk 2017 naik 30,3 persen menjadi 1,55 miliar dolar Singapura ($ 1,17 miliar). Laba pasca pajak kuartal keempat turun 37,8 persen menjadi S $ 267,7 juta ($ 202,1 juta).

Dalam mata uang, dolar AS memperpanjang kerugian setelah mengurangi kenaikan beberapa minggu lalu karena saham A.S. rebound. Indeks dolar, yang melacak mata uang A.S. terhadap sekeranjang rekan sebayanya, tergelincir ke perdagangan di 89.898 pada pukul 2.45 siang. HK / SIN.

Terhadap yen, dolar kembali menguat pada 108,14, memperpanjang kerugian yang terlihat pada sesi terakhir.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada hari Selasa bahwa dia belum memutuskan siapa gubernur Bank of Japan berikutnya, Reuters melaporkan. Menteri Keuangan Taro Aso mengatakan bahwa orang tersebut harus fasih berbahasa Inggris. Laporan media pekan lalu mengindikasikan gubernur saat ini Haruhiko Kuroda akan diangkat kembali saat masa jabatannya berakhir pada bulan April, kantor berita tersebut mengatakan, mengutip sebuah sumber.

Sementara itu, euro menguat ke perdagangan di $ 1,2320.

Harga minyak naik tipis setelah menyelesaikan sesi sebelumnya sedikit berubah. Kontrak berjangka minyak mentah Brent menambah 0,62 persen menjadi diperdagangkan pada $ 62,98 per barel. West Texas Intermediate di AS menempelkan 0,57 persen pada perdagangan $ 59,63.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan mencermati pergerakan Wall Street, yang diperkirakan bisa menguat dengan optimisme ekonomi AS dan rencana infrastruktur pemerintahan Trump.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here