Trump Akan Tandatangani Tarif Impor Minggu Ini; Munculkan Kembali Kekuatiran Perang Dagang

295

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan meresmikan rincian usulan tarifnya, termasuk pengecualiannya, pada hari Kamis atau Jumat ini.

Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan pada sebuah konferensi pers Rabu (07/03) bahwa dia memperkirakan Trump menandatangani pada minggu ini.

“Kami perkirakan Presiden akan menandatangani sesuatu pada akhir minggu ini, dan ada potensi pengecualian untuk Meksiko dan Kanada berdasarkan keamanan nasional, dan mungkin juga negara-negara lain,” kata Sanders.

Pada saat yang sama, pejabat Gedung Putih mengatakan kepada CNBC, mungkin ada percakapan minggu ini mengenai tindakan perdagangan tambahan yang sedang dipertimbangkan oleh Gedung Putih.

Pejabat mengatakan ada sekumpulan ide terkait perdagangan yang sedang dipertimbangkan, namun tidak jelas gagasan apa yang pada akhirnya akan diambil oleh presiden.

Ketika ditanya apakah akan ada pengecualian untuk sekutu Meksiko, Kanada atau NATO, Sanders mengatakan pada briefing tersebut bahwa akan diatur negara per negara dan berdasarkan keamanan nasional.

Keputusan mengejutkan Trump minggu lalu untuk memberlakukan tarif 25 persen untuk impor baja dan tarif 10 persen untuk aluminium menunjukkan bahwa dia mempraktikkan kebijakan proteksionis yang dia dorong selama kampanye pemilihannya. Pengumuman tersebut memicu gelombang ketidakpastian di pasar.

Investor menemukan alasan lebih lanjut untuk mengkhawatirkan pengunduran diri atas penasehat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn, seorang veteran Wall Street yang menentang tarif tersebut. Saham turun pada hari Rabu karena para pedagang mengikuti perkembangannya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan berita penandatanganan tarif ini kembali memicu kekuatiran akan terjadi perang dagang, yang dapat mempengaruhi pasar sebagian besar dunia.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here