Keuntungan Bursa Eropa Dibayangi Data Inflasi AS

141

(Vibiznews – Indeks) – Setelah berhasil mencetak keuntungan pada awal pekan, bursa saham Eropa hari Selasa (13/03) kembali menghijau meskipun dibatasi oleh penantian pasar akan rilis data inflasi Amerika Serikat malam ini. Pasar khawatir jika inflasi meningkat maka sesuai janji Fed akan menaikkan suku bunganya sebanyak 4 kali tahun ini.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik sekitar 0,1 persen pada 379,51 pada akhir transaksi pembukaan setelah naik 0,3 persen pada hari sebelumnya.

Perdagangan bursa saham Jerman alami peningkatan  dengan indeks DAX naik 0,2% ke posisi 12435 dalam transaksi pembukaan setelah naik 0,6 persen pada sesi sebelumnya. Kuatnya indeks ditopang oleh saham utilitas E.ON yang melonjak lebih dari 6 persen setelah perusahaan mengumumkan dividen khusus.

Di Inggris, indeks FTSE sedang bergerak fluktuasi setelah dibuka pada posisi tidak berubah dengan perdagangan sebelumnya di 7.215 pada akhir transaksi pembukaan setelah ditutup turun 0,1 persen pada hari Senin. Penguatan indeks ditopang oleh saham raksasa pertambangan yaitu Antofagasta yang menguat 2,2 persen setelah melaporkan kenaikan tajam dalam pendapatan.

Perdagangan bursa saham Perancis, indeks CAC 40 naik 30 poin atau 0,57 persen pada 5.306 pada pembukaan setelah menyelesaikan sedikit lebih tinggi pada awal pekan di hari Senin. Kekuatan indeks mendapat suntikan dari penguatan saham penerbangan yaitu Airbus yang naik lebih dari 1 persen setelah melaporkan transaksi buyback saham .

Jul Allens/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here