Pengguna YouTube Melebihi 1 Miliar; Tersedia 1 Miliar Jam Video Setiap Hari

496

(Vibiznews-Technology) Perkembangan cara menonton film semakin maju. Mulai dari bioskop dan televisi hingga pengenalan rekaman video, DVD dan streaming.

Saat ini banyak yang menonton video di perangkat seluler, komputer dan TV cerdas. Di samping situs web seperti Vimeo dan Dailymotion, YouTube telah memainkan peran sentral dalam meningkatkan popularitas konten yang diberikan.

Perubahan telah banyak berubah untuk YouTube sejak video pertamanya, “Me at the zoo,”, diunggah pada bulan April 2005. Dibeli oleh Google seharga $ 1,65 miliar di tahun 2006, situs berbagi video ini sekarang menawarkan bagi lebih dari satu miliar pengguna yang menonton sebuah pertunjukan yang mengejutkan 1 miliar jam video setiap hari.

Ben McOwen Wilson, direktur regional YouTube EMEA, menyoroti skala operasi hari ini. “Kami sekarang memiliki lebih dari 500 jam konten baru yang diunggah ke platform setiap menit,” katanya dalam sebuah wawancara yang disiarkan Selasa (13/03).

Dari video kucing yang melakukan hal-hal lucu hingga mengunggah protes politik dan tutorial masakan, konten di YouTube beragam, baik dari segi materi pelajaran maupun panjangnya.

“YouTube memulai di ruang video viral berbentuk pendek dan tetap menjadi porsi pemirsa yang besar di platform kami hari ini, namun pada saat bersamaan kami memiliki konten yang panjangnya 40, 60, 90 menit dan mendapatkan penayangan yang signifikan,” kata Wilson.

Dengan banyak orang sekarang menonton video di ponsel daripada di desktop, satu area pertumbuhan untuk YouTube mungkin mengejutkan. “Platform yang paling cepat berkembang di YouTube secara keseluruhan adalah apa yang akan kita sebut ruang tamu, dipindahkan ke layar TV, dan itu telah berkembang lebih dari 100 persen dari tahun ke tahun dalam setiap tiga tahun terakhir,” kata McOwen Wilson.

Seperti cara orang melihat perubahan konten dan menjadi semakin beragam, YouTube tampaknya telah mengubah cara kerja bagian dalamnya beroperasi, dengan keterlibatan metrik yang sangat penting.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here