Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Peningkatan Produksi AS

398

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah merosot pada awal perdagangan Senin (23/04)  karena kenaikan jumlah kilang AS menunjukkan peningkatan lebih lanjut dalam produksi negara itu.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun 23 sen, atau 0,30 persen, pada $ 68,17 per barel.

Harga minyak mentah Brent berjangka berada di $ 73,87 per barel pada 0031 GMT, turun 19 sen, atau 0,3 persen, dari penutupan terakhir mereka.

Pengebor AS menambahkan lima kilang pengeboran minyak untuk produksi baru dalam pekan yang berakhir 20 April, sehingga jumlah total menjadi 820, tertinggi sejak Maret 2015, menurut perusahaan jasa energi General Baker, Baker Hughes.

Jumlah kilang yang meningkat menunjukkan peningkatan lebih lanjut dalam produksi minyak mentah AS, yang telah naik seperempatnya sejak pertengahan 2016 menjadi rekor 10,54 juta barel per hari (bpd).

Hanya Rusia saat ini menghasilkan lebih banyak, hampir 11 juta bpd.

Meskipun penurunan harga minyak mentah pada hari Senin, pasar secara keseluruhan tetap didukung oleh permintaan yang kuat, terutama di Asia, dan harga Brent naik sebesar 20 persen dari posisi terendah 2018 pada bulan Februari.

Memberikan dukungan lebih lanjut adalah pemotongan pasokan yang dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang diperkenalkan pada tahun 2017 dengan tujuan menopang harga, serta oleh potensi sanksi AS yang diperbarui terhadap Teheran.

Amerika Serikat hingga 12 Mei memutuskan apakah akan meninggalkan kesepakatan nuklir Iran, yang akan semakin memperketat pasokan global.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak dapat bergerak turun terpicu kekuatiran peningkatan produksi AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 67,70-$ 67,20, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 68,70-$ 69,20.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here